Pemkab Touna Kini Memiliki Alat Deteksi Gempa dan tsunami

  • Whatsapp

Ampana,beritalima.com – Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tojo Una-una ( Touna ) kini telah memiliki alat pendeteksi dini gempa bumi dan tsunami .

Kepala Bidang Rehabilitasi Rekontruksi BPBD Touna Rusdin H Tamin mengatakan Penerimaan dan pemasangan alat ini berlangsung di kantor BPBD Touna pada Rabu 8 Agustus 2021.

Rudin Tamin mangatakan , Perangkat yang dipasang sebagai alat peringatan dini Namanya Ina Tews ( Indonesia Tsunami Early Warning System ) yang terdiri dari Smart terminal New Gens,( Display55”) ,gelagar penyangga display , UPS 1 KVA Pascal PCL – 1000KH, komunikasi internet Visat yang terdiri dari Antena KaBand 1,2 meter, Vsat Modem dan Router.

Alat tersebut merupakan bantuan Pemerintah Pusat melalui Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) yang memiliki perangkat Warning Receiver System atau sistem penerima peringatan dini informasi gempa bumi dan tsunami.

“ alat pendeteksi dini itu akan merespon dalam hitungan detik, ketika ada gempa didaerah lain atau didaerah manapun maka akan muncul dimonitor magnitudo dan episentrum “ jelasnya

Tidak hanya itu ,alat ini akan mengirim sinyal ke Speaker , speaker akan berbunyi sebagai Alarm peringatan sehingga segala kemungkinan sudah bisa terdeteksi sejak dini.

“Alhamdulilah pemasangan sudah selesai,dan berita acara tanda terima perangkat dan berita acara pemasangan perangkat dikantor BPBD sudah di tandatangan bersama “ tutup Rusdin H Tamin (HW)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait