Pemkab Touna Launching dan Sosialisasikan Aplikasi Data Sektoral Daerah

  • Whatsapp

Ampana, – Dalam rangka penguatan pembinaan statistik sektoral, Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-una (Touna) Launching dan Sosialisasikan Aplikasi Data Sektoral Daerah (API-DADA), Portal Satu Data Daerah (perSADA), bertempat di Cafe Dapur Manis 77, Selasa (20/09/2022).

Kegiatan dibuka oleh Asissten III Sekretariat Pemda Touna Rusmin,S.Sos.,M.Si yang dihadiri dalam Kadis Kominfo Touna Drs. Aston U. Madilau M.Si. dan Kepala Statistik Kabupaten Touna Siswadi S.ST., M.Si,. Kadis Sosial Touna Sutrisno Lasawedi S.Sos.,M.Si., Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Touna Mahdi, S.P., M.Si, Inspektur Inspektorat Daerah Daeng Mario Pawadjoi S.H., M.H. Kadis Perikanan Touna Rahmad Basri S.Pi.,M.Si. Direktur RSUD Ampana dr. Niko, S.Ked., M.M. serta Sekretaris PUPR Touna Ruslan Lasodi, S.Sos. dan para peserta sosialisasi.

Pada kesempatan itu, Asissten III Rusmin Labudu dalam sambutannya menyampaikan “Atas nama Pemerintah Daerah Saya menyambut baik terlaksananya kegiatan ini dan menyampaikan terima kasih kepada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Tojo Una-Una yang bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tojo Una-Una yang telah berupaya memaksimalkan penyelenggaraan kegiatan yang tentunya diharapkan dapat menyelesaikan masalah khususnya di bidang pelayanan Birokrasi yang sangat urgent dengan kaitan data-data, karena keberhasilan satu pelayanan di OPD dapat dilihat dari tersedianya data-data yang valid dan akurat.

“Pelayanan yang menggunakan satu data sangat diperlukan oleh kita semua terutama dibagian pelayanan publik, program satu data ini kita sosialisasikan bersama atau dilaksanakan dengan kesepakatan antara lain,”kata Rusmin Labudu.

Rusmin berharap, kepada seluruh OPD Lingkup Pemkab Touna agar mendukung penuh pelaksanaan kegiatan Statistik Sektoral disatuan kerja masing-masing.

Setiap OPD disarankan membentuk agen Data disetiap satuan kerja masing-masing, adanya komitmen dalam penggunaan Data Sektoral yang di pantau sebaik mungkin terhadap aktifitas Statistik Sektoral.

“Serta harus mendukung pembangunan portal satu data dan seluruh OPD juga melakukan koordinasi dan komunikasi dalam forum Satu Data Kabupaten,”harapnya.

Menurutnya, sesuai Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data ini sangat jelas bahwa Program Satu Data merupakan terobosan Pemerintah untuk mengatur tata kelola Data-Data dalam rangka mendukung Pembangunan Bangsa, Data juga harus memiliki acuan yang jelas, akurat, mutahir terpadu dan dapat di pertanggungjawaban, yang terpenting pelaksanaannya mudah di akses dapat di bagi untuk digunakan dalam era transparansi, era keterbukaan serta dapat mendukung sistem Statistik secara Nasional.

“Alangkah indahnya apabila Program Satu Data ini dilaksanakan di semua OPD dan satuan kerja yang ada, sudah pasti kita akan mempunyai bunker data yang akurat, mutahir, dan bisa di pertanggungjawabkan karena kita sadari bersama bahwa data yang baik dapat memberikan bahan masukan kepada kita semua untuk menentukan kebijakan terutama standar data yang berlaku dalam satu data secara sektoral menuju sistem statistik Nasional.” tandasnya

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait