Pemkot Depok Melalui DKUM dan Bunda Elly Sepakat Mendukung Kemajuan Penuh Pelaku Usaha Kecil

  • Whatsapp

DEPOK,beritalima.com
Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok berkomitmen ada pelaku usaha mikro yang naik level menjadi usaha kecil setiap tahunnya. Salah satu upaya mewujudkan itu, dengan mengakomodir mereka dalam berbagai pameran produk, baik di Kota Depok maupun di daerah lainnya.

“Definisinya sederhana, omzet usaha mikro di bawah Rp 300 juta per tahun. Sedangkan usaha kecil, dari Rp 300 juta hingga Rp 2,5 miliar per tahun,” kata Kepala DKUM Depok, Mohammad Fitriawan di sela Depok Expo 2019 di Depok Mall, belum lama ini.

Dikatakannya, guna mewujudkan itu upaya yang dilakukannya dengan menggelar bazar UMKM dalam event-event yang besar. Misalkan saat HUT Kota Depok, Peringatan Maulid Nabi, atau menjelang Hari Raya Idulfitri.

Selain itu, DKUM juga mengakomodir pelaku usaha dengan mengajak mereka mengikuti pameran di luar Kota Depok. Seperti dalam event tahunan, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang diselenggarakan di Semarang dan Tarakan beberapa waktu yang lalu.

“Targetnya selain mengenalkan produk mereka, meningkatkan penjualan, juga memperluas pangsa pasar, sehingga masyarakat mengetahui produk-produk khas Depok,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok, Elly Farida memberikan dukungan dan apresiasi terhadap ragam pembinaan yang diinisiasi DKUM Depok. Dia menilai, dengan adanya pameran, jaringan atau koneksi para pelaku usaha terus bertambah.

“Selain itu, produk juga harus dikemas dengan menarik, sehingga lebih percaya diri untuk dijajakan. Jadi semua saling terkait, antara pembinaan, pameran, dan peningkatan kualitas produk. Mudah-mudahan dengan seperti itu usaha bisa cepat berkembang,” tutupnya.

Tidak hanya itu para pelaku usaha yang berada di sekitar pengunjung juga meyambut antusias pameran yang di gelar oleh pemerintah Kot Depok menurutnya kegiatan tersebut menambah incam mereka karena banyaknya pengunjung yang penasaran dan mencari tau produk-produk apa saja yang di sajikan di tahun ini.

“Alhamdulillah, kami sangat terbantu atas dukungan Pemkot Depok dalam memajukan UMKM, serta melibatkan kami dalam pameran ini, ” tutur salah satu peserta Depok Expo 2019

Pelaku UMKM yang memiliki usaha di bidang craft tersebut ingin Pemkot Depok dapat terus memfasilitasi para pelaku usaha dalam mengembangkan produknya. Dengan begitu, pihaknya berharap produk UMKM asal Depok dapat semakin dikenal oleh masyarakat.

“Semoga dengan pameran ini produk kami dapat semakin dikenal luas. Karena selama ini yang menjadi kendala adalah sarana pemasaran,” terangnya.(Yopi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *