Pemkot Madiun Bahas Penerapan Call Center 112

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemkot Madiun, Jawa Timur, semakin siap mematangkan konsep Smart City di daerahnya. Salah satu upayanya dengan menyediakan fasilitas layanan yang efektif dan efisien bagi warganya. Yakni, melalui call center kedaruratan 112.

Untuk itu, Walikota-Wakil Walikota Madiun, H.Maidi-Inda Raya, bersama OPD terkait mengikuti paparan call center 112 yang disampaikan oleh PT Softindo Computech selaku perusahaan yang bergerak di bidang jasa tersebut, Senin 20 Mei 2019.

Dalam kesempatan itu, Walikota memastikan kesiapan Kota Madiun untuk dapat menjalankan program layanan call center 112. ‘’Kota Madiun siapnya sampai mana, kurangnya apa, saya minta dijabarkan semua,’’ kata H. Maidi.

Call center 112, merupakan saluran telepon khusus untuk layanan cepat tanggap darurat. Beberapa daerah di Indonesia telah memanfaatkannya. Antara lain, Bandung dan Surabaya. Dengan layanan ini, masyarakat bisa lebih mudah melapor jika terjadi masalah di sekitarnya. Misalnya, kejadian kebakaran, banjir, kecelakaan, maupun hal darurat lainnya.

Selama ini, di Kota Madiun telah tersedia nomor-nomor darurat dari beberapa OPD. Namun, masih menggunakan nomor lokal yang cukup panjang. Sehingga, sulit diingat. Dengan beroperasinya call center 112 nanti, diharapkan bisa lebih memudahkan masyarakat dan gampang diingat.

Sementara itu, Inda Raya, mengatakan, setelah call center 112 diterapkan, maka nomor-nomor darurat di OPD lainnya akan dilebur menjadi satu.

“Dengan satu nomor saja dapat menjangkau semua kebutuhan masyarakat,” tutur Inda Raya.

Saat ini, beberapa OPD yang terkait dengan program tersebut antara lain Diskominfo, Dinkes KB, Dinas PU dan Tata Ruang, Satpol PP dan Damkar, Dishub, dan Dinas Perkim. Serta, beberapa instansi lainnya seperti Polresta Madiun, PMI, BNN, Basarnas, dan TNI.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun, Subakri, menjelaskan, sistem call center 112 akan memberikan pelayanan pengaduan masyarakat yang terpadu.

‘’Juga, menunjang pelaksanaan Smart City di Kota Madiun,’’ jelas Subakri. (Sumber Kominfo. Editor: Dibyo).

Ket.Foto: H. Maidi (atas), Inda Raya (kanan bawah), Subakri (kiri bawah).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *