Pemkot Madiun Gelar Sosialisasi Persiapan Adipura

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, mulai mempersiapkan materi yang menjadi poin penting dalam penilaian Adipura. Karena itu, Pemkot melakukan sosialisasi Adipura, di Gedung Diklat, Selasa 3 September 2019.

Walikota Madiun, H. Maidi, mengatakan, persiapan sejak awal penting dilakukan. Ini agar tidak hanya Kota Madiun telah siap saat lomba, tapi, juga membudayakan menjaga kebersihan lingkungan bagi masyarakat.

‘’Kita sudah 14 kali dapat Adipura. Maka standar kehidupan kita seharusnya sudah sesuai dengan semua indikator yang ada,’’ kata H. Maidi.

Menurutnya lagi, setiap penilaian penghargaan wajib memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat. Termasuk penghargaan Adipura. Karena itu, lingkungan sudah seharusnya senantiasa terjaga.

‘’Mendapat Adipura tidak sulit kalau pihak-pihak terkait menjalankan rutinitas tugasnya dengan baik,’’ imbuhnya.

Walikota juga perpesan, agar seluruh indikator penilaian Adipura segera dipenuhi oleh OPD terkait. Tidak boleh ada poin yang nilainya kurang memuaskan. ‘’Harapan kita, kota kita memiliki standar yang top,’’ harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun, Suwarno, mengatakan, penilaian Adipura tahun ini mengalami perubahan. Salah satunya, setiap daerah wajib mengirimkan surat Kebijakan Strategis Daerah (Jakstrada) ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai syarat penilaian.

“Isi Jakstrada salah satunya berkaitan dengan sampah. Mulai dari jumlahnya, pengelolaan, hingga bank sampah. ‘Nanti isi Jakstrada akan dicocokkan di masing-masing daerah,’’ terang Suwarno.

Suwarno berharap, masyarakat turut mendukung upaya Pemkot dalam menjaga kebersihan lingkungan. Caranya, dengan tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan sampah plastik, dan menjaga kebersihan sungai.

‘’Tidak hanya kotor, membuang sampah sembarangan juga membahayakan kesehatan,’’ tandasnya. (Kominfo. Editor: Dibyo).

H. Maidi (atas).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *