Pemkot Madiun Gelar Workshop Kurikulum 2013

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) tenaga pendidik, Pemkot Madiun, Jawa Timur, menggelar workshop kurikulum 2013 bagi guru dan Kasek di sebuah hotel di Kota Madiun, Senin 16 September 2019.

Para peserta juga digodok bimbingan dan pelatihan terkait laptop gratis bagi siswa yang dibagikan tahun depan.

‘’Jadi begini, pelaksanaan kurikulum 13 terkadang masih ada persepsi yang berbeda. Lebih khusus, 2020 nanti kan ada laptop gratis. Maka program ini juga masuk dalam kurikulum 2013 tadi. Persepsinya harus sama,’’ kata Waikota Madiun, H. Maidi, saat Workshop Pemberdayaan Tim Pengembang Kurikulum 2013 Jenjang SD dan SMP.

Walikota berharap, kurikulum 2013 bisa dimasukkan dalam laptop sesuai tingkat kelas anak masing-masing. Mulai materi, kisi-kisi soal, hingga kisi-kisi ujian nasional. Harapannya, program bisa langsung dijalankan begitu laptop diberikan tahun 2020 nanti.

Selain untuk pelajar, walikota berharap tenaga pendidik juga harus menguasai penggunaan laptop dan IT. Bukan hanya soal materi tetapi juga pengoperasionalan computer jinjing tersebut. Hal itu penting agar proses KBM berjalan maksimal.

‘’Paling tidak harus bisa IT. Karena program laptop ini juga berkaitan dengan internet. Saya berharap laptop bisa digunakan sebagai sarana tatap muka ketika siswa tidak bisa hadir di kelas. Guru juga harus paham seperti ini,’’ harapnya.

Walikota juga memberikan reward bagi yang beprestasi. Guru teladan tingkat provinsi maupun nasional bakal langsung diberikan posisi sebagai kepala sekolah. Sedangkan kepala sekolah teladan tingkat nasional akan diberikan mobil operasional. Namun, mobil hanya dipinjam dan berhak berganti pemakaian jika terdapat kepala sekolah lain yang juga berhasil menjadi teladan.

Walikota kembali berharap kepala sekolah dan guru akan berkompetisi memberikan yang terbaik bagi sekolahnya dengan sistem tersebut.

‘’Fasilitas yang diberikan pemerintah sudah bagus. Prestasi dunia pendidikan juga harus baik. Jangan sampai kalah dengan daerah sekitar,’’ tandasnya. (Kominfo. Editor: Dibyo).

H. Maidi (atas).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *