Pemkot Madiun Giatkan GISA

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, mulai menggiatkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) kepada warganya. Hal ini agar warga semakin tinggi kesadarannya terkait pentingnya berbagai dokumen kependudukan yang ada.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Madiun, Nono Djati Kusumo, mengatakan, kesadaran tersebut akan memudahkan pemerintah dalam memetakan program pembangunan.

“Masyrakat harus sadar pentingnya dokumen kependudukan. Bagi pemerintah, hal ini akan mudah untuk memetakan program pembangunan. Kalau untuk masyarakat mudah memproses administrasi,” tutur Nono, mengawali arahannya dalam acara Penjelasan Teknis Pendataan Penduduk Non Permanen di gedung pertemuan Kantor Dinas Dukcapil Kota Madiun, Kamis (22/2/2018), kemarin.

GISA sendiri merupakan gerakan yang mengajak warga untuk sadar pentingnya dokumen kependudukan, sadar pentingnya data kependudukan yang benar, sadar pemanfaatan data kependudukan, sadar melayani adminduk menuju masyarakat yang bahagia. Gerakan ini baru pertama disosialisasikan di Dispendukcapil Kota Madiun.

Sementara itu, untuk menghadirkan pelayanan yang cepat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Madiun sudah mengintegrasikan dengan data yang dipunyai Direktorat Jendral Pencatatan Sipil pusat dan Dukcapil provinsi Jawa Timur. Ini dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat dalam memproses administrasi kependudukan.

Nono berharap, masyarakat Kota Madiun dan petugas Dukcapil sadar akan pentingnya mengurus administrasi kependudukan. Untuk memudahkan masyarakat dalam proses administrasi, memudahkan pemerintah dalam memetakan pembangunan manusia.

Masyarakat Kota Madiun, lanjutnya, sangat dimudahkan untuk kepengurusan dokumen kependudukan. Untuk mengurus satu berkas dokumen kependudukan dangan persyaratan yang lengkap, hanya diperlukan waktu satu hari saja.

“Mau mengurus satu berkas dokumen kependudukan, bisa satu hari sudah jadi dengan berkas asalkan sudah melengkapi persyaratannya. Dan semuanya gratis, tanpa biaya,” ungkap Nonot, sapaan akrabnya.

Masyrakat Kota Madiun juga dimudahkan dengan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Dispendukcapil Kota Madiun. Seperti Pecel Andok (Pelayanan Cepat dan Lancar Administrasi Kependudukan), pelayanan dengan mobil keliling untuk semua dokumen kependudukan dan Lempeng Gapit (Layanan Sehari Mengurus Dokumen Adminduk Petugas Antar Sampai di Tempat) untuk layanan jemput bola dokumen kependudukan Akta, KK, dan Perubahan Status.
(Diskominfo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *