Pemkot Madiun Jadikan Petilasan Doro Patih Sebagai Destinasi Wisata Religi

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Destinasi wisata religi di Kota Madiun, Jawa Timur, kian bertambah. Tak hanya Masjid Taman, Masjid Kuncen, Makam Bupati Madiun pertama dan lainnya, tapi Pemkot juga menjadikan petilasan Patih Gringsing atau yang lebih dikenal dengan nama Doro Patih, di Jalan Setinggil, Kelurahan Demangan, Kecamatan Taman, sebagai destinasi wisata religi.

Bahkan walikota Madiun, meninjau langsung petilasan tersebut bersama pimpinan OPD saat gowes bareng, Rabu 22 September 2021.

Menurut Walikota Madiun, H. Maidi, Patih Gringsing masuk dalam sejarah Kutho Miring Madiun. Karena warga antusias untuk merawat petilasan tersebut, Pemerintah hadir untuk membantu sehingga menjadi destinasi wisata.

“Jadi mulai Sendang Kuncen, Masjid Kuncen, kita benahi, termasuk petilasan ini. Semua kalau sudah jadi, paketnya wisata religi,” ucap H. Maidi.

Menurutnya lagi, peninggalan harus diuri uri (dirawat) agar generasi penerus ke depan mengetahui jika ada sejarah sebelum mereka lahir.

“Kalau untuk pembangunannya, tetap mengacu ke Trowulan (Mojokerto). Yang kuno harus tetap kuno. Kalau yang kuno kesakralannya khan menarik. Nanti disini ada tambahan joglo dan tempat berdoa,” terangnya.

“Semua kegiatan masyarakat yang positif pemerintah harus hadir. Yang sifatnya baik kita fasilitasi agar masyarakat tenang,” tambahnya.

Terkait ekskavasi Sendang Tundung Medioen di Kelurahan Kuncen untuk mencari mata air, menurutnya, akan terus dilanjutnya.

“Terus lanjut (ekskavasi). Nanti utara sendang kita buatkan jalan tembus. Tahun ini akan di rintis. Jadi jalan menuju sendang, dengan jalan umum, tidak sama,” tandasnya. (Dibyo).
H. Maidi (tengah) atas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait