Penanaman Seribu Sukun Pecahkan Rekor Muri

  • Whatsapp

JAKARTA,beritalima.com-

PENANAMAN 1000 pohon sukun oleh Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta berhasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia). Penanaman sendiri dilakukan secara serentak diseluruh pulau yang ada di Kepulauan Seribu dengan pusat penanaman di Pulau Payung, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Minggu (28/10).

Senior Manager MURI Yusuf Ngadri mengatakan, MURI mencatat penanaman 1000 pohon sukun ini adalah yang terbanyak. “Maka dari itu kami mencatat dalam rekor MURI dengan penanaman 1000 pohon sukun di Kepululaun Seribu yang dilakukan secara serentak dibeberapa pulau pada hari ini,”terangnya.

Yusuf mengungkapkan, saat ini penanaman pohon yanh dilakukan oleh Pemkab Kepulauan Seribu telah tercatat 1.377, oleh karena itu, MURI akan mengapresiasi dengan penanaman pohon sukun terbanyak. “Menurut saya, dengan menjadikan sukun sebagai ikon di Kepulauan Seribu sangat pas, karena memang ini akan mendukung daya tahan pangan saat bahan pokok pangan mengalami kelangkaan di Kepulauan Seribu,”ujarnya.

Sementara Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad menegaskan, dipilihnya gerakan penanaman sukun dimaksudkan untuk mengangkat potensi sukun. “Penanaman serentak dilakukan di 11 Pulau yang ada di Kepulauan Seribu dengan tim yang dibagi-bagi,”imbuhnya.

Dipilihnya Sukun, kata Husein Murad karena tanaman tersebut merupakan ciri khas Kepulauan Seribu yang memang sebelumnya hidup dengan alami di Pulau Seribu. “Selain itu Sukun juga ada nilai ekonomis. Sukun dapat diproduksi sebagai varian makanan. Kemudian hasiat yang lain dari sukun banyak sekali manfaatnya,”tambahnya.

Pada gerakan penanaman pohon itu melibatkan birokrasi, komponen masyarakat dan badan usaha. “Jadi intinya kami mengkolaborasikan semua potensi yang ada. Tetapi kenapa birokrasi lebih dominan, hal itu karena birokrasi sebagai lokomotif untuk menggerakkan,”pungkas Husein Murad. ITN

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *