Pendaftaran Cagub-Cawagub Tunggu Rekom Partai Politik

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
KPU Jawa Timur menggelar Media Gathering bertemakan Sosialisasi Tahap Pemilihan Cagub-Cawagub Jatim 2024. Acara tersebut dihelat di Waroeng Merah Putih, Surabaya.

Usai menutup pendaftaran Cagub-Cawagub Jatim independen pada 12 Mei 2024, saat ini pihak KPU Jatim menunggu calon gubernur-calon wakil gubernur dari rekomendasi partai politik atau gabungan dukungan dari partai politik untuk melakukan pendaftaran.

Kepastian pendaftaran dari jalur rekomendasi parpol digelar Agustus mendatang.

“Kita tunggu tahapan pendaftaran di bulan Agustus 2024 dari partai politik atau gabungan partai politik,” tukas Aang Kunaifi ketua KPU Jawa Timur.

komisioner KPU Jawa Timur Nur Salam menyebutkan, pihaknya mengikuti tahapan pemilukada. Seperti adanya perpanjangan waktu pendaftaran jika di bulan Agustus tahapan pendaftaran dari parpol atau gabungan parpol belum ada yang mendaftar.

“Jika tidak ada paslon lainnya, maka KPU memberikan perpanjangan waktu pendaftaran. Biasanya 3 hari,” sebut Nur Salam.

Menurut Nur Salam jumlah DPT diperkirakan ada penambahan. Estimasi di angka 32 juta DPT.

“Nanti kita sinkronkan. Hari ini, KPU Jatim menggelar rakor dengan KPU kabupaten/kota se Jatim untuk singkronkan data untuk breackdwon per tempat pemungutan suara TPS. Perkiraan di TPS saat pilkada nanti, jumlahnya berkurang dibanding pemilu legislatif lalu,” tandasnya.

Karena beban pemilu legislatif, pemilu presiden berbeda dengan pemilu kepala daerah.

“Nanti diperkirakan 600 pemilih setiap TPS. Sehingga ada kenaikan jumlah panitia pemutakhiran data pemilih (pantarlih). Sesuai arahan KPU pusat satu TPS, bisa dua petugas pemutakhiran data pemilih,” pungkasnya. (Yul)

beritalima.com

Pos terkait