Pengawak Bakamla RI/IDNCG Latihan VBSS Dengan Philipine Coast Guard

  • Whatsapp

Jakarta, Pengawak Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) berlatih praktis dengan pengawak Phillipine Coast Guard (PCG) menjalankan scenario Vessel Boarding Search and Seizure (VBSS), di PCG Base, Manila, kemarin.

Latihan itu adalah salah satu sesi untuk mengaplikasikan teori yang telah diterima sehari sebelumnya dalam acara Workshop VBSS, yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan SEACAT. Delegasi Bakamla RI berjumlah 8 orang yaitu Kolonel Bakamla Hotma I.D.P Sirait S., Kolonel Bakamla Jukiman Situmorang., S.I.k., M.Hum., Kapten Bakamla Bagus Triyono, Lettu Bakamla Tito Adhikurniawan, Letda Bakamla Daniel Sibarani S.H., Serma Bakamla Safei, Serka Bakamla Leo Barata Yudha, dan Serda Bakamla Purnomo Adi.

Workshop berlangsung selama 5 hari, dibuka pada Senin (19/8) oleh Philipine Coast Guard Chief yang diwakili oleh Capt. Hernandes, dan dihadiri beberapa perwakilan dari US Embassy Philipine. Workshop akan berakhir pada 23 Agustus mendatang.

Pada hari pertama peserta mendapatkan pembekalan teori praktis dengan materi meliputi International Law, Use of Force (level penggunaan kekuatan), Boarding Procedure, Tactical Combat Casualty Care, Use of torniquet practice app, field dressing, subject compliance and non compliance handling (hand cuffing, counter gun grabbing). Dan pada hari kedua (20/8), peserta mengaplikasikan materi yang telah didapat selama di kelas ke dalam satu latihan VBSS yang telah diskenariokan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *