Penggunaan Bibit Bawang Topo binaan Babinsa Wasile Sukses Panen

  • Whatsapp

Ternate ;18/02/2017 Autentifikasi Nomor : B/029-PEN/II/2017

Penggunaan Bibit Bawang Topo binaan Babinsa Wasile Sukses Panen

Wasile (18/02), Pendampingan petani bawang Poktan Desa Tutuling jaya oleh Babinsa Ramil 1505-03/ Wasile dengan menggunakan bibit varietas bawang Topo yang merupakan hasil kerjasama BPTP Prov. Malut, Distan Haltim, BP3 Haltim dan Kodim 1505/Tidore sukses panen perdana dan menghasilkan hasil yang memuaskan.

Kegiatan panen perdana sendiri yang dihadiri oleh Kepala BPTP Prov. Malut, Kepala Dinas Pertanian Halmahera Timur, Kepala BP3 Wasile Timur, Danramil 1505- 03/Wasile serta Babinsa pendamping dan Gapoktan Desa Tutuling Jaya Kec. Wasile Timur. Bawang topo sendiri merupakan varietas unggul lokal berasal dari Tidore yang dikembangkan oleh BPTP Provinsi Maluku Utara dan mulai disebar luaskan semenjak 2014 lalu, pemilihan bibit tersebut dinilai paling tepat karena memiliki karakteristik yang sesuai dengan iklim Maluku Utara selain itu juga memiliki keunggulan antara lain stabilitas harga di pasaran, mudah dalam pembudidayaan dan perawatan, tahan terhadap serangan hama maupun penyakit dan mudah perawatan pasca panen karena daun bawang topo sendiri tidak mudah layu. Dalam kegiatan tersebut total luas di panen adalah 5 Ha dengan hasil panen 12 Ton/Ha angka tersebut terbilang sangat memuaskan.

Sementara itu ditempat terpisah Dandim 1505/Tidore kepada awak media memberikan keterangannya bahwa pendampingan petani bawang merah sendiri sudah sejak lama dilakukan oleh jajarannya dalam hal ini Koramil Wasile, kegiatan hasil kerjasama BPTP Malut, Distan Haltim, Kodim dan BP3 Wasile Timur sendiri telah berjalan dengan sukses dari tahun ke tahun, dengan harapan selain dapat memberikan kesejahteraan kepada para petani juga diharapkan dapat menjaga ketersediaan komoditas bawang merah di pasaran yang akan berdampak pada stabilitas harga dipasaran. (Penrem 152/Bbl)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *