Pentingnya Sport Massage Bagi Atlet  

  • Whatsapp
Therapy Message dari Tim KONI Kabupaten Sumenep sedang memberikan pelayanan kepada salah seorang pemain bulutangkis asal Sumenep

JEMBER, beritalima.com| Puluhan rubu warga Jember memenuhi dan tupah ruah di Stadion Jember Sport Garden (JSG) pada Sabtu (25/6/2022) malam.

Masyarakat Jember ingin menyaksikan secara langsung pembukaan atau open ceremony Pekaan Olahraga Provinsi Provinsi (Porprov) VII/2022 Jawa Timur yang berlangsung meriah, semarak dan menghibur. Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mengungkapkan Porprov Jatim VII ini sebagai ajang pencetak atlet nasional berprestasi.

Bacaan Lainnya

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa membuka event olahraga dua tahunan ini. Ia didampingi Forkopimda Jatim, Ketua Jatim Muhammad Nabil dan keempat Bupati tuan rumah Porprov VII/2022 Jatim.

“Saya optimistis Porprov akan menjadi ajang pembibitan atlet muda Jatim yang hebat di masing-masing 47 cabang olahraga (cabor),” jelas Khofifah di Jember Sport Stadium, seperti dalam keterangan pers.

Sementara, dalam dunia Olahraga juga membutuhkan kehadiran Sport massage sebagai jawaban atas berbagai permasalahan pada otot. Misalnya, ketika terjadi cedera otot pada atlet atau sport enthusiast yang menjalani rutinitas olahraga yang berat, atau bagi pegawai kantoran super sibuk yang kerap mengalami masalah sakit punggung atau pinggang.

Ahmad Subairii selaku Therapy Message dari Tim KONI Kabupaten Sumenep yang turut serta pada Porprov Jatim VII 2022 mengatakan sport massage beda dengan pijat biasa. Sport massage berfokus pada tiga hal.

“Pertama, yang dilakukan satu jam sebelum aktivitas olahraga untuk mempersiapkan otot menjadi lentur dan mencegah cedera. Kedua, sehabis olahraga atau setelah atlet bertanding, fokusnya relaksasi otot. Ketiga, untuk mengatasi masalah atau cedera otot, mulai dari sakit pinggang, sakit punggung, terkilir hingga saraf kejepit,” tuturnya.

Ahmad Subairi menekuni Therapy Message sejak SMA Masa kuliah hingga sekarang. Bahkan bergabung dengan KONI Kabupaten Sumenep dari 4 tahun yang lalu.

Para atlet juga punya orang-orang belakang layar yang mendukung perfoma mereka di ajang olahraga ternasional internasional seperti pemijat atlet.

Secara sederhana jelaskan, sport massage adalah salah satu metode fisioterapi dengan terapi pijat yang sudah dilakukan ribuan tahun lalu, dengan cara menstimulasi sirkulasi darah dan kelenjar getah bening. Banyak atlet yang melakukan terapi pijat ini untuk mengurangi ketegangan saraf dan membuat rileks pikiran sebelum menghadapi even olah raga yang penting.

Manfaat Sports Massage

Manfaat sports massage diantaranya adalah memberi rangsangan, meningkat kan aktivitas otot, pembuluh darah dan kelenjar yang diatur otot-otot tersebut, mengendurkan dan meregangkan otot serta jaringan-jaringan lunak dalam tubuh, sehingga mengurangi ketegangan otot dan kram.

Secara tidak langsung pijat juga menjadikan sistem rangka menjadi lebih kuat. Perbaikan sirkulasi darah dan getah bening diotot akan menghasilkan sirkulasi yang lebih baik pada tulang-tulang yang terkait.

Terhambatnya proses penyembuhan cedera karena olahraga biasanya karena pasien atau atlet menyepelekan teknik manipulasi pijat olahraga dan mereka menganggap itu hanya pijat biasa atau ditangani oleh terapis yang kurang menguasai teknik pijat olahraga. Otot itu bisa diraba dan dirasakan tingkat kekenyalannya, tingkat fleksibilitasnya efek cedera berupa panas, bengkak,merah dan rasa nyerinya.

Manfaat sports massage tentu bukan hanya untuk menangani cidera otot, namun banyak manfaat lain, diantaranya untuk pijat sebelum bertanding(pre even sports massage), fungsinya adalah menyegarkan otot, bukan membuat rileks, meningkatkan performa dan stamina serta meminimalkan ketegangan otot sebelum bertanding.

Manfaat berikut adalah pijat setelah bertanding(post even sports massage),fungsinya memulihkan otot dari kelelahan. Mempercepat waktu pemulihan dari tiga sampai empat hari hanya menjadi satu hari. Dan masih banyak lagi manfaat lain yang intinya mengembalikan lagi kebugaran tubuh atlet.

(***)

 

 

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait