Penyerapan Anggaran Belanja Modal Berjalan Normal, Ini Kata Sekda Kepulauan Sula

  • Whatsapp

Muhlis Soamole Sekretaris Daerah Pemkab Kepulauan Sula
KEPULAUAN SULA,beritaLima,com|Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara, Muhlis Soamole menjelaskan terkait dengan penyerapan anggaran belanja modal Tahun 2022 berjalan normal, Sabtu (29/10/22)

“Untuk penyerapan anggaran di 2022 ini, khususnya belanja modal yang di kelola masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis, mereka masih melaksanakan pembangunan.

Ada OPD yang penyerapan anggarannya sudah capai 100 persen bahkan ada juga OPD yang penyerapan anggarannya masih 70 persen,” ucap Sekda Kepulauan Sula, Muhlis saat wawancarai diruang kerjanya, pada Rabu 26 Oktober 2022 kemarin.

Muhlis mengaku penyerapan anggaran belanja modal belum terserap sepenuhnya, itu karena masih ada beberapa pekerjaan fisik yang belum ada penigkatan permintaan untuk penyelesaian, tapi kalau soal tahapan semuanya berjalan dengan normal.

“Ada beberapa pekerjaan fisik yang belum ada peningkatan,itu karena ada alasan pertimbangan teknis, tapi kalau soal penyerapan sampai saat ini alhamdulillah berjalan dengan normal. Mudah-mudahan dengan sisa waktu dua bulan ini semua perkejaan fisik dapat terselesaikan tepat waktu,”katanya.

Pada setiap kesempatan apel gabungan, Muhlis mengingatkan pimpinan OPD dilingkup Pemkab Kepulauan Sula terkait dengan penyelesaian pekerjaan fisik, seperti jalan.

“ Setiap apel gabungan saya selalu mengingatkan kepada pimpinan-pimpinan OPD agar segera memperhatikan penyelesaian pekerjaan fisik, khususnya dana DAK, karena DAK itu penyerapannya maupun pencairannya dibatasi dengan deadline waktu, misalnya ada perintah clos untuk pencairan dana DAK sekian-sekian, maka mau dan tak mau pekerjaan fisiknya harus selesai 100 persen,” sambungnya.

“ Kalau misalnya tahapan pekerjaan nya sudah selesai 100 persen namun belum pencairan, tetapi penyerapan anggarannya sudah masuk ke kas daerah (Kasda), “kata Muhlis. [dn]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait