Percepat Akses Keuangan Pelaku UMKM, TPAKD Surabaya Dikukuhkan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Surabaya sebagai upaya mempercepat akses keuangan bagi pelaku UMKM, Senin (1/11/2021).

Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK, Kristianti Puji Rahayu, dalam sambutannya mengatakan, dengan dikukuhkannya TPAKD Kota Surabaya maka jumlah TPAKD yang telah terbentuk saat ini ada 324 TPAKD.

Ke 324 TPAKD itu terdiri dari 34 TPAKD tingkat provinsi dan 282 TPAKD tingkat Kabupaten/Kota. “Dengan demikian masih terdapat 224 kabupaten masih perlu untuk membentuk TPAKD,” lanjut Kristianti.

Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur, Bambang Mukti Riyadi, mengatakan, saat ini telah terbentuk 13 TPAKD Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur yang masing-masing memiliki program unggulan.

“OJK sangat mengapresiasi Pemkot Surabaya yang telah melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka meningkatkan akses keuangan, diantaranya Pameran Surabaya Fashion Week yang diselenggarakan pada 31 Oktober 2021 hingga 7 November 2021.

Pameran Surabaya Fashion Week ini untuk memfasilitasi UMKM Kota surabaya mendapatkan akses keuangan dan pemasaran serta untuk menyukseskan Program Bangga Buatan Indonesia (BBI) sekaligus Bulan Inklusi Keuangan.

Pembukaan Rekening Simpanan Pelajar yang dikolaborasikan dengan pemberian bantuan beasiswa kepada pelajar SMP di Kota Surabaya dari keluarga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Dalam sambutannya, Walikota Surabaya Eri Cahyadi sangat mendukung adanya TPAKD di Kota Surabaya, karena program TPAKD berkaitan langsung pada upaya peningkatan akses bagi UMKM kepada industri jasa keuangan, kredit melawan rentenir dan kampanye literasi dan inklusi keuangan.

Selain itu, TPAKD juga memperluas penyediaan pendanaan produktif untuk pengembangan UMKM, usaha rintisan (start up business) dan pembiayaan pembangunan pada sektor prioritas.

Eri Cahyadi mengungkapkan, TPAKD Kota Surabaya memiliki program prioritas, yakni
Pembiayaan Bunga Rendah melalui Pinjaman UMKM Surabaya Pasti Tangguh (Puspita) yang disalurkan oleh PT BPR Surya Artha Utama dengan dukungan dari Pemerintah Kota Surabaya

Pemberdayaan dan Ketahanan Ekonomi Nang Suroboyo (PEKEN) yang merupakan e-commerce Kota Pahlawan untuk memfasilitasi pedagang kelontong, koperasi, dan UMKM yang dilaunching di acara Surabaya Fashion Week pada 31 Oktober 2021 bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan.

Adapun anggota TPAKD Kota Surabaya yang dikukuhkan oleh Pemkot Surabaya terdiri dari OJK Regional 4 Jatim, KPw BI Jatim, OPD Kota Surabaya, LJK di Kota Surabaya, Kemenag Kanwil Surabaya, BPS Surabaya, dan stake holders terkait. (Gan)

Teks Foto: Pengukuhan TPAKD Kota Surabaya oleh Pemkot Surabaya, Senin (1/11/2021).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait