Pergantian Kebun Buah Naga ke Klengkeng, Diharap Jadi Edukasi Masyarakat Jember

  • Whatsapp
Bupati Hendy bersama jajaran Forkopimda melakukan tanam perdana pohon klengkeng Jemsu (beritalima.com/sugik)
Bupati Hendy bersama jajaran Forkopimda melakukan tanam perdana pohon klengkeng Jemsu (beritalima.com/sugik)

JEMBER, beritalima.com | Pergantian tanaman kebun agrowisata buah naga ke buah klengkeng Jember Super (Jemsu), Bupati Jember H. Hendy Siswanto berharap, agar menjadi edukasi masyarakat Jember.

Menurut Bupati, usai tanam perdana buah klengkeng Jetsu di lahan agrowisata Rembangan Desa Kemuninglor, Kecamatan Arjasa, penanaman buah ini merupakan bentuk contoh dari Pemerintah Kabupaten Jember.

Bacaan Lainnya

“Pemkab Jember memberikan contoh, untuk edukasi masyarakat, wisata masyarakat dan multiplayer effect dari penanaman klengkeng,” katanya, Selasa (8/2/2022).

Diketahui, kebun buah naga salah satu Icon yang dimiliki Jember, sebagai tempat agro wisata, yang berdekatan langsung dengan Wisata Rembangan.

Namun, diera Bupati Jember Hendy Siswanto tanaman buah naga tersebut dibongkar, dan diganti dengan tanaman klengkeng.

“Penanaman perdana buah klengkeng Jemsu di area rembangan, yang dulunya disini ditanam buah naga, yang sudah berumur 20 tahun. Jadi sudah tidak produktif lagi,” kata Bupati.

Untuk lahan yang akan ditanami buah klengkeng Jetsu luasnya sekitar 2,8 hektar. Untuk di peta A sebanyak 615 dan untuk di peta B sebanyak 320 pohon.

“Ini benar-benar super dan bisa menghasilkan, dengan biaya tidak terlalu mahal, serta hasilnya cukup besar,” jelas Bupati.

“Karena masih jarang orang yang tanam klengkeng, padahal buah ini banyak disukai orang banyak,” sambungnya.

Padahal, buah ini punya khasiat yang cukup bagus, untuk kesehatan. Termasuk harga klengkeng juga bertahan, tidak naik turun seperti harga-harga yang lain. Jadi ini merupakan peluang bagus bagi masyarakat.

“Masyarakat Jember perlu diberikan suatu contoh. Kita mulai dari Pemkab Jember. Dengan harapan, satu tahun kemudian sudah berhasil, kita bagikan bibit-bibit ke masyarakat jember,” pungkasnya.

Hadir dalam penananam perdana buah klengkeng Jemsu, Wakil Ketua DPRD, Perwakilan Polres, Kodim 0824 dan perwakilan Forkopimda Jember. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait