Pergerakan Harga Bitcoin dari Tahun 2009 – 2022, Keuntungannya Menggiurkan

  • Whatsapp

Bitcoin merupakan mata uang digital atau cryptocurrency yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Perkembangan harga Bitcoin dari tahun ke tahun menjadi perbincangan hangat hampir di seluruh jagat raya.

Bagaimana tidak? Dulu pada tahun 2009 harga Bitcoin tidak mencapai Rp.14.000. Tetapi pada bulan Oktober 2021, harga Bitcoin sudah mencapai Rp.782 jutaan!

Berdasarkan laman Yahoo Finance, Bitcoin merupakan aset cryptocurrency terbaik, bahkan annualized return yang dihasilkan dari Bitcoin ini mencapai 230 persen dari Maret 2011 hingga Maret 2021. Jumlah yang sangat fantastis bukan?

Sejarah Bitcoin

Dari buku yang berjudul “The Bitcoin Genesis,” sejarah Bitcoin pertama kali ada saat bulan November 2008. Dalam buku tersebut menyebutkan bahwa Satoshi Nakamoto merupakan seorang pendiri dari cryptocurrency yang populer ini.

Kemudian, Satoshi Nakamoto merilis sebuah makalah yang diberi judul “Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System.” Namun, dari makalahnya tersebut justru membuat orang-orang semakin bingung dengan apa itu Bitcoin dan bagaimana cara menggunakannya.

Akhirnya, setelah masa percobaan, di tahun 2009 Satoshi merilis Bitcoin di komunitas internet dengan mengklaim dapat digunakan untuk pembayaran secara anonim. Karena pengguna dapat melakukan pembayaran secara anonim, maka popularitas Bitcoin semakin meningkat dan hingga pada akhirnya sukses seperti sekarang ini.

Pada tahun 2009, Bitcoin belum memiliki nilai tukar seperti yang terjadi saat ini. Saat itu, sistem yang ada pada Bitcoin hanya berupa catatan pada Blockchain. Kemudian di awal tahun 2010 akhirnya ada bursa yang pertama kali membuka perdagangan Bitcoin secara terstruktur.

Bagaimana Cara Kerja Bitcoin?

Pada dasarnya, setiap Bitcoin adalah file komputer yang disimpan dalam aplikasi “dompet digital” yang ada pada smartphone atau komputer.

Setiap orang dapat mengirim Bitcoin ke dompet digital ke Anda atau bahkan mengirimkan Bitcoin kepada orang lain.  Setiap transaksi jual beli Bitcoin semuanya tercatat dalam daftar publik di Blockchain.

Blockchain memungkinkan untuk melacak setiap transaksi dan sejarah Bitcoin untuk menghentikan orang-orang dari membelanjakan koin yang tidak mereka miliki, membuat salinan, atau membatalkan transaksi.

Kenapa Banyak Orang yang Tertarik Dengan Bitcoin?

Banyak orang yang menyukai Bitcoin karena nilai mata uang digital ini tidak dikendalikan oleh pemerintah setempat ataupun bank. Selain itu, pengguna dapat menggunakan Bitcoin mereka secara anonim. Meskipun begitu, setiap transaksi yang mereka lakukan akan tetap tercatat pada blockchain.

Tidak akan ada yang tahu nomor rekening Bitcoin pemilik asalkan mereka memberitahukannya kepada calon penerima.

Salah satu influencer ternama, Elon Musk merupakan penggemar dan pendukung besar Bitcoin. Bahkan, dia juga mengubah bio Twitter-nya menjadi #bitcoin.

Beberapa kali dalam 2 tahun ini, Elon Musk sering sekali menunjukkan dukungannya kepada mata uang online itu. Bahkan, entah apakah ini benar atau tidak, ia dapat membuat pergerakan besar dalam nilai Bitcoin.

Dukungan yang diberikan Elon Musk kepada Bitcoin ini pun menyebabkan nilai Bitcoin meningkat secara signifikan. Maka tidak heran jika Sobat Pintar melihat teman-teman di sekitar yang mengikuti Elon Musk dan langsung membeli Bitcoin dalam jumlah banyak ketika ia berkata sesuatu tentang Bitcoin.

Perkembangan Harga Bitcoin

  1. Harga Bitcoin Tahun 2009

Pada saat pertama kali Bitcoin rilis secara publik di tahun 2009, harga Bitcoin saat adalah $0. Harga ini merupakan harga perkenalan di awal oleh Satoshi karena masih belum banyak yang tertarik dengan Bitcoin.

  1. Harga Bitcoin Tahun 2010-2012

Setelah 1 tahun rilis, akhirnya sudah mulai banyak investor-investor yang tertarik dengan Bitcoin dan mulai melakukan aktivitas jual beli Bitcoin dengan harga di bawah 1 sen.

Meskipun begitu, pergerakan harga Bitcoin terlihat fluktuatif, hingga pada tahun 2011, Bitcoin berhasil mendapatkan harga $1.

Selama tahun 2011, perkembangan harga Bitcoin terbilang baik. Bahkan, pada Juni 2011, nilai Bitcoin meroket hingga 3.200%.

Sayangnya, peningkatan harga Bitcoin tidak berlangsung lama dan mengalami penurunan setelah dua bulan tren. Sehingga harga Bitcoin pada bulan November 2011 kembali di angka $2.

Perkembangan harga Bitcoin saat ini berjalan lambat, namun pada bulan Mei hingga Agustus 2012, harga Bitcoin meningkat dari awalnya $4.8 menjadi $13.20.

  1. Perkembangan Harga Bitcoin 2013-2016

Di tahun berikutnya, Bitcoin mengalami dua kali bubble prices. Dari laman Wikipedia, istilah ini bisa disebut sebagai gelembung ekonomi atau gelembung keuangan yang berarti perdagangan dalam volume besar dengan harga yang berbeda dengan nilai intrinsiknya.

Pertama kali Bitcoin mengalami gelembung ekonomi pada bulan April, ketika Bitcoin memiliki nilai sebesar $220 dan kemudian turun hingga $70 dalam dua pekan.

Gelembung ekonomi kedua terjadi saat akhir tahun 2013. Saat itu, harga Bitcoin sedang meroket hingga mencapai $1.156, tetapi tiga hari setelahnya nilai Bitcoin turun hingga $760.

Setelah kejadian dua bubble prices ini, perkembangan harga Bitcoin semakin menurun dan bahkan menyentuh harga terendah mereka, $315 pada awal tahun 2015.

  1. Perkembangan Harga Bitcoin 2017-2019

Setelah melewati reli panjang penurunan harga di tahun 2016, akhirnya nilai harga Bitcoin kembali meningkat ke harga $20.089 pada Desember 2017.

Sayangnya, menurut Profesor Keuangan Universitas Texas yang bernama John Griffin mengungkapkan, peristiwa ini dapat terjadi karena adanya manipulasi harga lewat perdagangan volume besar.

Bahkan, ia bersama asisten Profesor Negara Bagian Ohio juga memeriksa jutaan transaksi jual beli cryptocurrency di bursa Bitfinex. Dalam makalah yang memiliki 66 halaman tersebut, ia mengungkapkan bagaimana Bitcoin kembali stabil berkat manipulasi harga cryptocurrency.

  1. Perkembangan Harga Bitcoin 2020-2021

Memasuki era 2020 hingga 2021 di saat banyak sektor ekonomi dan bisnis global lesu karena pandemi COVID-19.

Kita semua pasti tahu bahwa perekonomian global pada saat ini terbilang sangat kacau. Bahkan karena pandemi ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang melakukan PHK massal dan bahkan gulung tikar.

Namun, di lain sisi ternyata cryptocurrency mengalami kejayaan dan sangat aktif. Meskipun industri ini telah melewati pemeriksaan, crypto akhirnya mengalami rebound dan mendapat banjiran transaksi jual-beli crypto oleh para investor dan trader di seluruh dunia.

Dari sini, perkembangan harga bitcoin dari tahun 2020 hingga 2021 menjadi lebih baik. Pada akhir tahun 2020 hingga awal tahun 2021, peningkatan harga Bitcoin berhasil mencapai 224%. Kemudian dalam 2 bulan berikutnya, Bitcoin berhasil mencapai harga tertinggi, yaitu $60.000. Hebatnya, di saat industri lain sedang lesu-lesunya, Bitcoin berhasil mencapai harga tertinggi yang bila dikurskan dari BTC to USDT senilai $64.804 atau dalam kurs Rupiah adalah Rp.939.993.000 pada April, 14 2021.

Mulai Investasi Bitcoin Bersama Pintu

PINTU sendiri identik dengan investasi aset crypto di Indonesia, sebagai platform investasi aset kripto yang mengadopsi model aplikasi yang user-friendly dan mampu menjawab secara spesifik kebutuhan serta habit investor aset kripto di Indonesia

Aplikasi PINTU dirancang khusus untuk investor pemula dengan menawarkan pengalaman berinvestasi melalui mobile app yang intuitif dengan berbagai fitur unggulan seperti keamanan tingkat tinggi dan fitur edukasi Pintu Academy yang mudah diakses.

Secara legalitas, PINTU merupakan platform investasi aset kripto yang terdaftar dan berlisensi resmi oleh lembaga Bappebti yang melayani pedagang atau investor retail di Indonesia di bawah kerangka peraturan pemerintah Republik Indonesia.

Lebih lanjut, PINTU secara aktif juga bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk memberikan edukasi cara berinvestasi aset kripto dengan aman melalui berbagai kegiatan, di antaranya mengadakan workshop, webinar, dan berbagai kegiatan di media sosial. Download aplikasi PINTU untuk mulai investasi dan belajar tentang bitcoin lebih jauh.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait