Peringati Hari Ibu, Rider Ninja Xpress Berbagi Cerita Perempuan Berdaya

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Profesi kurir paket sangat identik dengan profesi laki-laki. Namun dalam empat tahun terakhir, Lita Yulistiawati (32) berhasil mendobrak stigma tersebut dengan menekuni profesi sebagai rider Ninja Xpress atau Si Penghubung Harapan.

Tak disangkal, bergabungnya Lita menjadi rider Ninja Xpress memang diawali dengan adanya kebutuhan ekonomi. Sebagai seorang ibu, ternyata profesi ini tidak hanya membantunya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, tapi juga membuatnya tetap dapat mengasuh kedua anaknya.

“Saya berharap usaha dan pengorbanan kita untuk keluarga bisa lebih diapresiasi publik,” kata Lita dalam sebuah acara yang digelar Ninja Xpress di Jakarta dalam rangka menyambut peringatan Hari Ibu 2022.

“Saya sering melihat ibu-ibu malu dengan profesinya. Tapi selama pekerjaan itu halal dan bermanfaat bagi keluarga, tidak perlu malu sama sekali! Kami kuat, dan kami bahkan bisa lebih kuat dari laki-laki,” lanjut Kita, Minggu (18/12/2022).

Dengan jumlah pengiriman paket terbanyak yang memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP), Lita menjadi satu-satunya wanita yang meraih penghargaan Ninja Xpress Best Rider 2022.

Setiap Senin hingga Sabtu, Lita sudah memulai harinya di Ninja Xpress sejak jam 7 pagi untuk menyortir paket yang akan dibawa ke pelanggan. Sekitar satu jam kemudian, ia sudah keluar untuk mengantar paket sesuai dengan tujuan.

Selama beristirahat mengantar paket, Lita mampir ke rumah untuk mengasuh anak dan kembali bekerja setelah makan siang. Ia memastikan seluruh paket selesai diantar pada sore hari agar setidaknya jam 5 sore sudah sampai di rumah untuk kembali mengasuh anak. Jam kerja ini menjadi salah satu alasan ia betah di Ninja Xpress.

Ketika ditanya mengenai tanggapan anak terhadap profesinya, Lita menjawab, anaknya memahami bahwa ibunya harus bekerja demi membantu keluarga. Selain itu, Lita menganggap profesinya mengantarkan paket hingga selamat sampai di tangan penerima sangat penting.

Untuk menjaga amanah pelanggan, ia menjaga hubungan dengan komunikasi yang baik sebelum bahkan sesudah pengantaran. Untuk tetap menjaga waktu yang berkualitas bersama keluarga, Lita mengambil libur pada hari Minggu agar dapat beraktivitas bersama suami dan anak-anaknya seharian.

Maria A. Octasya, Chief Human Resources Officers Ninja Xpress, menjelaskan, Ninja Xpress selalu mendukung inklusivitas perempuan di semua level agar mereka mendapatkan kesempatan berkarya dan membantu perekonomian keluarga.

“Kami juga tidak membeda-bedakan antara karyawan perempuan dan laki-laki karena kami adalah perusahaan yang mengutamakan hasil,” sambung Mariam

Peringatan hari ibu di Indonesia tidak terlepas dari sejarahnya. Hari Ibu dimulai dari Kongres Perempuan Indonesia I, di mana perempuan turut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan, pembangunan dan hak-hak perempuan. Kemudian, Kongres Perempuan III yang diselenggarakan di Bandung pada 22 Desember 1968 menetapkan setiap 22 Desember sebagai Hari Ibu.

Perjuangan Lita adalah sebagian dari perjuangan para ibu di Indonesia yang sudah berperan dalam pembangunan nasional. Peringatan Hari Ibu yang ke-94 pada tahun ini menjadi penghargaan bagi seluruh perempuan di Indonesia atas peran dan kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, dan negara.

Ninja Xpress siap membantu pengiriman paket dengan mudah melalui penjemputan langsung ke lokasi dengan terlebih dahulu mendaftar di https://selalusiap.ninjaxpress.id. Berbagai layanan dari regular, same day, hingga COD (Cash on Delivery) dengan perhitungan pasti dan pencairan 2 kali seminggu siap membantu UMKM mengirimkan paket ke seluruh wilayah di Indonesia. (Gan)

Teks Foto: Rider Ninja Xpress Lita Yulistiawati saat mengantar paket ke pelanggan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait