Peringati Hari Koperasi Nasional ke – 74, Walikota Mojokerto : Dengan Tagline Digitalisasi Menuju Koperasi Modern

  • Whatsapp

MOJOKERTO, Beritalima.com-
Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DiskopUKMperindag) Kota Mojokerto menggelar puncak acara Hari Koperasi Nasional ke-74, tahun 2021 dengan mengambil tema : ‘Transformasi Digital Koperasi Menuju Bisnis Modern yang Kuat dan Bermartabat’, yang digelar di Pendopo Sabha Kridatama Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk berlangsung secara daring dan luring.

Dalam sambutannya, Walikota Mojokerto Hj. Ika Puspitasari, SE, mengatakan dengan tagline Digitalisasi Menuju Koperasi Modern, dan Walikota yang akrab disapa Ning Ita tersebut menekankan, koperasi harus mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Pada era industri 4.0, bahkan menuju revolusi ke 5.0, maka koperasi sebagai soko guru nasional tidak boleh ketinggalan, harus ikut mengadopsi pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatanya,” ucap Ning Ita saat menyampaikan sambutan nya.

Ning Ita juga menjelaskan, saat ini sudah saatnya koperasi harus mengambil peran penting dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan perkoperasian. Sebagai kota perdagangan dan jasa, Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto, diharapkan koperasi yang merupakan salah satu sektor pemberi layanan jasa bisa mengambil bagian sebagai penggerak ekonomi di Kota Mojokerto.

“Era digital menuntut pelayanan serba cepat dan mudah, sudah saatnya koperasi dalam melayani anggotanya bisa memberikan kemudahan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Saat ini, kita akan berupaya secara maksimal. Bagaimana melalui program-program pemerintah bersinergi dengan seluruh insan koperasi untuk menguatkan ekonomi yang ada di daerah,” lanjut Ning Ita.

Ning Ita yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Mojokerto juga mengatakan bahwa, pemanfaatan teknologi informasi adalah salah satu cara untuk memutus penyebaran Covid-19 di masa pandemi dan menggerakkan perekonomian. Misalnya, melalui digitalisasi dalam pemasaran dan digitalisasi dalam proses transaksi pembayaran.

“Saat ini pola hidup di dalam masyarakat sudah mengarah kepada hal-hal yang sifatnya instan, serba cepat serba mudah serba gampang diakses hanya menggunakan 1 gadget. Sudah saatnya koperasi juga mentransfer kemudahan-kemudahan itu dengan memanfaatkan teknologi informasi di dalam melayani anggotanya. 192 koperasi yang ada diharapkan bisa terus menguatkan sinergi dengan pemerintah melalui Diskopukmperindag,” lanjutnya.

Resepsi Hari Koperasi ke-74 ini juga diwarnai grand final pemilihan Duta Koperasi Kota Mojokerto tahun 2021. Aldi Prawiranugraha (24), Mahasiswa Hukum di Universitas Negeri Jember.
Selain itu Puncak Harkop Nasional ini juga diwarnai dengan pemotongan Tumpeng Nasi Kuning oleh Walikota Ning Ita yang potongan tumpeng tersebut diberikan kepada Ketua DPRD Kota Mojokerto, Sunarto, SH, yang disaksikan Wawali Kota Mojokerto, H. Achmad Rizal Zakaria, dan Sekdakot Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, ATD, MM didampingi Kepala Diskoperindag Kota Mojokerto, Hj. Anik Wijaya, SH, M.Si (Kar/Adv)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait