Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di TPA Pakusari Jember

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com | Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2021 di Jember, bertempat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pakusari.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Jember, Ir. Mirfano menyampaikan, pemilihan lokasi di TPA Pakusari, karena banyak rencana yang akan dikembangkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember.

Bacaan Lainnya

“Lokasi ini jadi titik awal pembenahan pengelolaan sampah, dan agar pengelolaan ini menjadi sebuah tempat eko wisata,” katanya.

Sedangkan, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember, Eko Heru Sunarso menyampaikan, kedepan akan merehabilitasi lahan TPA Pakusari.

“Penataan betul-betul tata ruang disini, dengan lahan terbatas ini, kita tata kembali,” ujarnya.

Heru menyebut, kemarin sampah menumpuk atau menggunung menjadi satu, kedepan akan diratakan menjadi zona pasif. “Selain itu, ini menjadi wisata edukasi untuk pengelolaan sampah,” bebernya.

Heru mengungkapkan, rata-rata setiap hari di TPA Pakusari mencapai 180 sampai 200 ton perhari. “Padahal di Jember ada 800 ton sampah,” ungkapnya.

Dengan demikian, ada 600 ton sampah masih liar. Dengan demikian, itu menjadi perhatian semua pihak. Untuk itu, fungsi transfer Depo dan TPS harus berfungsi sebagaimana mestinya.

“Selain TPA Pakusari, akan diperkuat TPA Imam Bonjol, TPA Tanggul, TPA Kencong. Semua akan kita benahi nanti,” tegasnya.

Heru menambahkan, ada 8 TPA di Kabupaten Jember. Kedepan, bersama komunitas Bank Sampah nanti akan ada pembagian tugas.

“Kerjasama membagi tugas perwilayah. Kita fungsikan sebagaimana fungsinya TPA, Transfer Depo dan TPS,” imbuhnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait