Peringati HKN, Dinkes Tandatangani MoU Terkait Penerapan Kebijakan Germas

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com-
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung, menggelar puncak acara Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58. Bertempat, di Crown Victoria Hotel, Selasa, (29/11/2022).

Sebelumnya, rangkaian berbagai kegiatan telah dilaksanakan Dinkes untuk memperingati HKN. Hari ini, merupakan akhir dari seluruh kegiatan yang diselenggarakan Dinkes Tulungagung sekaligus pemberian hadiah.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Tulungagung H. Gatut Sunu Wibowo, SE Kepala Dinkes Tulungagung, Kepala OPD terkait, Kepala Rumah Sakit yang ada di Tulungagung, Kapus Se-Tulungagung, Toga/Tomas dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung dr. Kasil Rokhmad, MMRS mengatakan bahwa, dalam rangka memperingati HKN Ke-58, rangkaian kegiatan dan perlombaan sudah di mulai dari awal bulan November 2022.

“Rangkaian kegiatan sudah kami mulai dari awal bulan November. Berbagai perlombaan, digelar untuk menambah kemeriahan menyambut dan mensukseskan HKN,” kata Kasil.

Pihaknya menerangkan, kegiatan perlombaan yang dilakukan Dinkes Tulungagung yaitu, lomba senam, lomba mendongeng kesehatan SD/MI, lomba video cegah anemia remaja tingkat SMA/SMK dan MA, lomba video cegah Diabet tingkat Rumah Sakit, Klinik, Stikes.

Selain itu, Dinkes juga mengadakan lomba video tips kesehatan tingkat Puskesmas dan lomba tingkat Puskesmas kategori manajemen, rawat jalan, rawat inap, persiapan akreditasi, laporan keuangan terbaik, bhakti sosial, pembagian bantuan sosial dan lain sebagainya.

“Hari ini, puncak peringatan HKN kita gelar. Selain penyerahan piagam penghargaan, acara ini juga dilakukan penandatanganan komitment bersama atau (MoU) penerapan Kebijakan Germas oleh Wakil Bupati, Kadinkes dan lembaga terkait lainnya,” terangnya.

“Kami sampaikan, dalam kegiatan hari ini, Dinkes kompak memakai baju khas daerah dan biaya tidak dianggarkan Dinkes melainkan murni dari teman-teman sendiri,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu mengajak seluruh komponen masyarakat, untuk membangun pola hidup sehat, salah satunya melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Germas tidak hanya dijalankan oleh sektor kesehatan saja, tetapi juga lintas OPD, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan profesi. Ditunjang adanya peran masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat,” ajak Wabup.

Menambahkan, Kabupaten Tulungagung telah mengimplementasikan Inpres tersebut, dengan adanya SK Bupati Tulungagung tentang kelompok kerja tentang Germas pada tahun 2019.

“Pada momentum HKN Ke-58 tahun 2022 ini saya mengingatkan dan mengajak seluruh komponen pemerintah dan seluruh masyarakat Tulungagung untuk bersatu padu mengupayakan pergerakan serta membudayakan Germas,” tambahnya.

Wabup juga mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran kesehatan, lintas sektor, dan seluruh lapisan masyarakat.

Semua bahu-membahu berjuang tanpa mengenal lelah di semua lini dalam melaksanakan pembangunan kesehatan, perjuangan untuk keselamatan bangsa dari pandemi covid – 19.

“Terima kasih atas peran serta semuanya, mewujudkan Kabupaten Tulungagung semakin sehat tumbuh menjadi besar dan kuat. Sehingga, menjadikan Kabupaten Tulungagung yang Ayem Tentrem Mulyo lan Tinoto,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait