Peringati HPSN, DPD RI Sambut Usulan Pembentukan BNPS

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Pimpinan DPD RI menyambut baik rekomendasi Indonesia Solid Waste Association yang mengusulkan agar Pemerintah membentuk Badan Khusus yang bertugas untuk menangani masalah sampah di Indonesia.

“DPD mengapresiasi semua pihak yang secara langsung menunjukan kepedulian terhadap permasalahan sampah yang hari ini sudah sangat mengganggu daya dukung lingkungan”, ujar Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin di Jakarta, Senin (22/2).

Pemerintah baik Pusat maupun Daerah, kata Sultan, wajib memberikan perhatian lebih terhadap lingkungan yang sangat berpengaruh langsung terhadap kualitas hidup masyarakat tersebut.

“Meski di beberapa daerah sudah punya Perda cukup ketat tentang pengelolaan sampah, tetapi keberadaan Badan Nasional Penanggulangan Sampah (BNPS) bisa menjadi solusi terbaik mengatasi masalah yang acap menyebabkan banjir dan sumber penyakit ini.”

Kalau merujuk data KLHK 2020, jelas dia, data sampah secara nasional sudah mencapai 67,8 juta ton setahun. Di Jakarta bahkan 8 ribu ton per harinya.

“Dengan fenomena sampah kian mengkhawatirkan ini, kami perlu untuk mendorong pemerintah pihak tetkait bersama-sama menyusun badan khusus dan sistem pengelolaan sampah terintegrasi, tak hanya berorientasi pada profit, tapi wujud tanggung jawab terhadap kualitas lingkungan dan masyarakat.”

Mantan wakil Gubernur Bengkulu ini mengatakan, banyak swasta yang berkontribusi dalam pengelolaan sampah, tetapi hanya sedikit yang benar-benar berorientasi pada cost recovery.

“Setidaknya khususnya Pemda punya keinginan untuk berkolaborasi dengan pihak terkait seperti LSM secara terpadu dan komprehensif dalam penyelesaian masalah sosial ini, jika belum memiliki political will untuk membentuk BNPS,” demikian Sultan Bachtiar Najamudin. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait