Peringati HSP Ke-95, Pemkab Trenggalek Gelar Apel di Halaman Pendopo

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek menggelar upacara di halaman Pendopo Manggala Praja Nugraha pada Sabtu, 28 Oktober 2023. Di hadiri jajaran Forkopimda dan undangan terkait, meski cukup sederhana kegiatan rutin tahunan tersebut di laksanakan dengan khidmat.

Wakil Bupati (Wabup) Trenggalek, Syah Muhammad Natanegara yang didapuk sebagai pimpinan apel dalam amanatnya menyampaikan sejumlah hal. Termasuk, menyerukan ajakan kepada seluruh elemen bangsa khususnya para milenial atau para muda untuk memajukan Kabupaten Trenggalek dan tanah air.

“Sejak jaman perjuangan dahulu, tokoh muda memang punya peran penting hingga menginisiasi munculnya kongres pemuda dari perwakilan seluruh elemen bangsa,” ungkap Syah Natanegara.

Menurut dia, untuk peringatan hari sumpah pemuda sendiri secara substansial sebenarnya mengingatkan bangsa Indonesia kepada sejarah kegotong royongan bersama. Pasalnya, dari akumulasi niat dan tujuan perjuangan para pemuda tersebut akhirnya berhasil menebar semangat jiwa patriotisme keseluruh pelosok negeri.

“Sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam momentum sumpah pemuda pada tahun 1928,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu (ketika Sumpah Pemuda pada Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928), lanjut wabup, seluruh elemen pemuda tanah air berkomitmen untuk bertanah air satu, berbangsa satu dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

“Alhamdulillah, hari ini kita melaksanakan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Mari bersama-sama kita majukan bangsa dan negara mulai dari Trenggalek. Kemudian, bergandeng tangan bahu-membahu untuk memajukan Indonesia,” ajak Syah.

Pada peringatan kali ini pemerintah mengusung tema “Bersama Membangun Indonesia”. Disiratkan melalui logo HSP ke-95, terdapat stilasi barisan manusia yang berwarna warni. Baris ini menyimbolkan kolaborasi menunjukkan keaneka ragaman suku, bahasa dan budaya.

“Melalui Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini, diharapkan para milenial bersatu serta mau berperan aktif ‘Bersama Membangun Indonesia’ agar kedepan bisa lebih baik,” pungkas dia. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait