Peringati May Day 2023 Dengan Cara Berbeda di PT BSI

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Karena masih dalam suasana lebaran, para pekerja anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk, menggelar May Day dengan nuansa Idul Fitri. Mengusung tema ‘Merajut Kebersamaan Pekerja dan Pengusaha di Hari yang Fitri’, kegiatan ini turut mengundang hadirkan manajemen perusahaan.

Termasuk perwakilan Pemerintah Desa Sumberagung dan Forpimka Pesanggaran.

Bacaan Lainnya

May Day atau Hari Buruh diperingati oleh seluruh pekerja di Indonesia. Tak terkecuali para pegawai PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Namun peringatan tahun 2023 ini, cukup berbeda.

Ketua Serikat Pekerja PT BSI, M Rizal Azizi menyampaikan, peringatan May Day 2023 sengaja digelar berbeda dan penuh keakraban. Mengingat tanggal 1 Mei kali ini, masih dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri.

“Kami optimis kebersamaan antara pekerja dengan pengusaha bisa terwujud asalkan ada rasa saling percaya dan kesamaan tujuan, yaitu kesejahteraan bersama,” katanya, Senin (1/5/2023).

“Kunci membangun kebersamaan itu adalah komunikasi. Kami telah membuktikannya di PT BSI ini,” imbuhnya.

Superintendent Human Resources and General Affairs PT BSI, Supriyanto, menyampaikan bahwa keberhasilan perusahaan tidak terlepas dari peran serta para pekerja. Dia mencontohkan, selama ini di internal operator tambang emas di Desa Sumberagung, serikat pekerja menjadi mitra sekaligus penghubung perusahaan dalam komunikasi dengan karyawan.

Dengan sinergitas yang terus berjalan, maka dengan sendirinya terbangun rasa saling percaya.

“Pengusaha tanpa pekerja tidak akan berjalan, pekerja tanpa pengusaha juga tidak bisa bekerja, maka hubungan baik harus terus dibangun,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Pesanggaran, Drs. R Agus Mulyono, M Si, dalam sambutannya mendukung sinergi dan hubungan baik yang selama ini dibangun oleh karyawan dan manajemen PT BSI. Karena hal tersebut akan memudahkan pemerintah dalam mengawal serta mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan pekerja.

“Jadi, antara pemerintah, pengusaha dan pekerja merupakan tiga elemen yang saling mendukung dan mengisi satu sama lain,” katanya.

Peringatan May Day 2023, yang digelar Serikat Pekerja PT BSI ini berlangsung cukup meriah. Sejumlah perwakilan karyawan juga menyempatkan menampilkan karya seni diatas pentas. Tak hanya itu, disini juga dilakukan pemberian santunan untuk anak yatim dan dhuafa dari sekitar perusahaan.

Selain Camat Pesanggaran, Drs. R Agus Mulyono, M Si, peringatan Hari Buruh ini ikut dihadiri Kapolsek Pesanggaran, Iptu Lita Kurniawan, perwakilan Danramil Pesanggaran Serka Sulistiyo dan DanPos AL, Lettu Meiyanto.

Perlu diketahui, wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, memang merupakan lokasi investasi PT BSI, selaku pemegang izin Usaha Pertambangan Operasi Prodüksi (IUP OP) Emas dan Mineral Pengikutnya, Nomor 188/547/KEP/429.011/2012.

Wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, meliputi Desa Kandangan, Sarongan, Sumberagung, Sumbermulyo dan Pesanggaran.

Anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk tersebut telah dinyatakan sebagai Obyek Vital Nasional (Obvitnas) sesuai Kepmen ESDM Nomor 159.K/90/MEM/2020. Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN ini operasi prodüksi di Deşa Sumberagung, Kecamatan pesanggaran, Banyuwangi.

Sebagai pelaku investasi, PT BSI memang terus meneguhkan komitmennya kepada masyarakat. Program PPM terus digelontorkan dengan 8 program utama.

Program PT BSI itu meliputi program bidang pendidikan, kesehatan, tingkat pendapatan riil atau pekerjaan, kemandirian ekonomi, sosial budaya, lingkungan, pembentukan lembaga komunitas dan infrastruktur. (bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait