Perubahan KA Commuter, Bakal Lebih Banyak dan Cepat

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya akan menambah jumlah perjalanan KA Commuter di daerah operasionalnya saat diberlakukannya Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2023 pada 1 Juni 2023 nanti.

Vice President Corporate Secretary PT KAI Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba, menyampaikan itu saat di Stasiun Surabaya Gubeng, Selasa (23/5/2023). Dengan adanya penambahan perjalanan KA Commuter ini Stasiun Blitar akan diaktifkan sebagai lokal transit untuk jurusan Malang-Surabaya Kota serta Kertosono-Surabaya.

Perjalanan KA Dhoho relasi Blitar-Surabaya melalui Kertosono menjadi 5 perjalanan pulang pergi dengan 10 KA tanpa harus melewati Malang. Adapun relasi Blitar-Surabaya lewat Malang tetap 4 perjalanan dengan 8 KA.

“Stasiun Blitar bisa menjadi stasiun transit, sehingga dulu keretanya muter nanti bisa lakukan dengan transit,” ujar Anne dengan didampingi Agus Priyatna selaku Manager Kereta Commuter PT KAI Daop 8 dan Luqman Arif sebagai Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya.

Dia menjelaskan, perubahan itu juga karena adanya pembangunan doble track di arah Kertosono, sehingga penambahan kapasitas angkut masih dimungkinkan di lintas Dhoho.

Dengan adanya perubahan ini waktu perjalanan KA Commuter akan lebih cepat. Yang biasanya waktu tunggu di Blitar 1 jam sekarang bisa 15-20 menit dan ini tidak merubah adanya tarif walaupun mereka berpindah kereta,” tandas Anne.

Tidak hanya itu, penambahan perjalanan KA Lokal juga untuk relasi Surabaya – Bangil yang berhenti dan berangkat di Pasuruan ditambah empat perjalanan dengan delapan kereta.

Kemudian ada pula KRL Lamongan yang diperpanjang sampai Babat, sehingga kami jalankan tujuh perjalanan dalam satu hari.

Kemudian untuk komuter Jenggala ini Surabaya-Mojokerto satu 6 dengan dua kereta. Tetapi untuk Mojokerto, tarik sampai Sidoarjo ini kami jalankan dengan enam kereta.

“Kami berharap apa yang dilakukan ini bisa meningkatkan konektivitas antar modanya,” pungkas Anne. (Gan)

Teks Foto: VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba bersama Manager Kereta Commuter Agus Priyatna dan Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait