Pesona Senja Kaimana Yang Memukau Dan Kekayaan Melimpah Ruah

  • Whatsapp

Fakfak, beritalima – Jika membicarakan mengenai surga, maka keindahan alam Indonesia yang tiada duanya ini sering sekali diasosiasikan dengan surga.

Indonesia bagaikan serpihan surga yang membentang dari ujung barat ke timur dengan keindahan yang sangat mempesona tiap mata yang melihat.

Selain keindahan surgawi, Kaimana memiliki sumber daya alam yang melimpah ruah. Rumput laut didalamnya membuat ketertarikan sendiri untuk menggalinya.

Rusly Ufnia Komisi B DPRD Kota Kaimana, menjelaskan, terkait dengan budidaya Rumput Laut di Marsi sudah mulai dilaksanakan sejak saat dirinya belum menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Kaimana.

Karena begitu pedulinya terhadap pemberdayaan masyarakat, dirinya membawa sejumlah masyarakat untuk mengikuti pelatihan terkait budidaya Rumput Laut di Ibu kota Negara Jakarta sejak tahun 2008 bekerjasama dengan Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia (PNTI).

Selanjutnya ditahun 2014, para petani rumput Laut diMarsi diikutkan sebagai peserta pada pelatihan rumput Laut dan pembenihan ikan di Balai Besar Perikanan dan Kelautan Lampung.

“Jadi pada dasar nya kalau berbicara terkait dengan rumput Laut, Bapak-bapak disini sudah sangat memahami benar bagaimana cara menanam dan merawat rumput Laut yang baik dan benar, “Tandasnya.

Menurut Rusly, jika saja pemerintah daerah dapat menyiapkan pasar dengan harga yang memadai maka jelas semangat dari masyarakat tidak akan putus untuk membudidayakan rumput Laut.

Jangan ada lagi ego sektoral, tetapi ada baiknya Dinas Perindakop sebagai instansi yang berkompeten dibidang ini, dapat melihat membaca peluang sekaligus menyiapkan pasar yang layak bagi masyarakat.

Selain itu, pemerintah harus lebih fokus pada program yang dibuat, sehingga nantinya dapat diukur bagaimana pencapaiannya.
Selama ini kata nya, pemerintah bersama-bersama memberikan bantuan untuk budidaya rumput Laut, tetapi adakalanya tidak tepat sasaran.

Lebih parahnya lagi, setelah diberikan bantuan ternyata tidak ada pendampingan yang dilakukan.

“Saya berharap kedepan ada alokasi anggaran yang cukup untuk program budidaya rumput Laut dari dinas kelautan dan perikanan kabupaten Kaimana. Sebagai anggota DPRD, saya juga telah berupaya untuk melakukan beberapa gebrakan terkait pembudidayaan rumput Laut dari dinas kelautan dan perikanan kabupaten Kaimana. Sebagai anggota DPRD, saya juga telah berupaya untuk melakukan beberapa gebrakan terkait pembudidayaan rumput Laut didaerah ini.Jelas nya.

(Liputan Reporter beritalima fakfak. Amatus. Rahakbauw Melaporkan dari Kaimana)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *