Pesona Wisata Pantai Popoh di Tulungagung

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com | Provinsi Jawa Timur suatu provinsi yang memiliki pantai-pantai indah tidak kalah dengan pantai yang ada di Indonesia dengan pariwisata yang terus menerus dikembangkan oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur semakin tahun bertambah maju, salah satunya Tulungagung. Kota yang berada diantara Kota Trenggalek dan Kota Blitar ini ternyata memiliki Pantai-Pantai yang indah. Salah satunya Pantai Popoh yang terletak di Jalan Raya Pantai Prigi, Desa Besole, Kelurahan Besuki, sejalur dengan beberapa Pantai lainnya. Pantai Popoh salah satu wisata laut favorit yang ada di Tulungagung dan ramai dikunjungi turis setiap waktunya.

Pengunjung di Pantai ini akan meningkat ketika musim liburan tiba seperti libur anak sekolah, tahun baru dan hari perayaan besar. Hal ini karena pemandangan yang disajikan Pantai Popoh sangat indah dan menawan sehingga pengunjung selalu datang untuk menikmati pesonanya.

bila liburan biasanya yang terpikirkan adalah biaya besar yang harus dikeluarkan untuk segala keperluannya. Namun, hal ini tak berlaku bila Anda berkunjung ke Pantai Popoh karena tarif masuknya murah dan terjangkau di kantong. Anda hanya memerlukan biaya masuk sekitar tiga sampai sepuluh ribu rupiah per orang tergantung hari apa Anda berkunjung. Harga tiket yang diberlakukan akan lebih murah bila Anda datang secara rombongan seperti datang memakai bus pariwisata yang besar.

Bila datang menggunakan minibus elef akan dikenakan tarif sekitar Rp 120.000 untuk satu bus, hal ini dapat berubah sesuai keadaan. Tarif tiketnya dikatakan relatif murah dengan tambahan membayar tiket parkir untuk kendaraan roda rua, roda empat dan bus. Di Pantai Popoh, selain Anda dapat menikmati pemandangan yang indah dapat pula memahami dan berkunjung ke situs bersejarah.

Pantai selatan memang selalu memiliki cerita sejarah yang unik dan terkadang sedikit memberi bau bau mistis di dalamnya. Selain itu, Pantai ini akan emberikan kepada seluruh pengunjungnya fasilitas yang memadai dan pelayanan yang baik serta tempat yang nyaman. Fasilitas yang ada di Pantai Popoh diantaranya kamar mandi dengan jumlah yang memadai dan warung penjual makanan dan minuman.

Tak hanya itu saja, jam operasional Pantai Popoh ialah 24 jam penuh sehingga memungkinkan untuk digunakan berkemah. Penjual makanan dan minuman yang ada di Pantai ini menjual aneka makanan mulai makanan ringan hingga makanan besar.
Jarak Pantai Popoh dari pusat kota Tulungagung 33 kilo meter dengan waktu tempuh sekitar satu jam bila keadaan jalan lancar. Rute yang harus Anda tempuh yaitu dari Jalan Raya Tulungagung – Blitarlurus ke depan lalu berbelok ke arah kanan.

Tanda dimana Anda harus berbelok yaitu bila menemukan sebuah perempatan dengan suatu kafe dan tempat futsal. Lalu terus ikuti jalan hingga menemukan perempatan jalan besar kemudian berbelok ke arah kiri, setelah itu belok ke kanan. Sekitar dua kilo meter dari sana, beloklah ke arah kiri yang kemudian akan melewati suatu objek wisata di kiri jalan. Ikuti jalan tersebut lalu di perempatan pasar belok ke arah kiri menuju Jalan Ki Mangun Sarkoro. Lanjutkan perjalanan hingga melewati Jalan Raya Pelem dan Jalan Kanigoro lalu bila menemukan suatu pasar berbelok ke arah kiri. Saat itu Anda telah sampai di Jalan Raya Popoh kemudian terus ikuti jalan menuju Jalan Neyama. Setelah itu pilih arah kiri menuju Jalan Pantai Popoh, saat ini jalan akan mulai berkelok sehingga harus tetap berhati-hati.

Sekitar lima kilo meter dari jalan terakhir Anda akan tiba di Pantai Popoh atau lebih tepatnya sampai di area parkiran. Parkirkan kendaraan Anda di lokasi parkir lalu membayar biaya parkir, sebelumnya Anda diharuskan membayar tiket masuk terlebih dahulu. Setelah itu, Anda langsung dapat menikmati pesona yang disajikan oleh Pantai Popoh.

Bagi pengunjung yang hendak melihat atau menikmatu Salah satu objek wisata ritual tradisional di hari-hari tertentu. pengunjung dapat hadir pada acara ritual tersebut diizinkan langsung melihat tanpa dipungut biaya tambahan. Sembari menikmati panorama akan indah biru air laut, Anda juga dapat menyaksikan ritual kuno yang mungkin belum pernah Anda lihat.

Anda juga dapat menikmat sebuah makam leluhur. Makam ini menjadi salah satu objek wisata di popoh yang juga menjadi daya tarik calon pengunjung pecinta sejarah kuno. Tak ada salahnya bila Anda datang dan belajar mengenai sejarah salah satunya melalui makam tersebut.

Objek wisata yang laian yaitu tebing di bagian timur dan barat Pantai Popoh, lokasinya alami dan apik digunakan untuk berfoto. Disekitar tebing telah diberikan pagar pengaman, namun Anda tetap harus menjaga keselamatan diri sendiri agar tetap dapat berkumpul bersama keluarga. Medannya yang sedikit curam dan terjal menghimbau semua yang berkunjung agar berhati-hati.

Bagi wisatawan yang ingin melihat atau menikmati indahnya matahari terbenam di ufuk barat Pantai Popoh anda bisa mengabadikannya, dengan membawa smartphone atau kamera untuk memotret indahnya sunset di Pantai Popoh Tulungagung.
Pengunjung dapat menikmati pantai dengan naik perahu, persewaan perahu atau kano. Perahu ini akan mengantarkan Anda berkeliling lokasi Pantai dan sekitar dengan biaya yang relatif murah, dengan jumlah 10 sampai 15 orang Anda sudah dapat menunpang perahu tanpa tarif per individu atau rombongan.
Pantai Sidem

Tak jauh dari Pantai Popoh, terdapat sebuah pantai yang tak kalah menawannya, yaitu Pantai Sidem. Anda tidak perlu membayar tiket untuk dapat masuk ke Pantai Sidem ini karena memiliki garis pantai yang sama dengan Pantai Popoh. Jika Pantai Popoh menyuguhkan Anda pengalaman wisata pantai dengan aneka kegiatan menarik, maka di Pantai Sidem Anda dapat menjumpai sebuah perkampungan yang dihuni oleh nelayan lokal.

Dengan garis pantai yang mencapai panjang 500 meter, pemandangan Pantai Sidem terlihat begitu indah dan alami dengan rimbun pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Jika Anda berkunjung ke pantai ini pada hari libur, pantai ini akan dipenuhi oleh beberapa wisatawan. Anda dapat menyaksikan beberapa warga lokal yang sedang mencari anak – anak rajungan untuk makanan bebek. Selain itu, Pantai Sidem juga tempat yang cukup bagus untuk aktivitas surfing dan snorkeling.

Akses jalan menuju Pantai Popoh sudah dapat dikatakan cukup memadai dengan jalanan yang halus beraspal, tetapi berkelok – kelok sebagaimana ciri khas jalanan menuju kawasan pantai.

Di kalangan wisatawan, rasanya ada yang kurang jika berwisata di Pantai Popoh tanpa singgah ke Warung Mak Yah. Tentunya hal ini bukan tanpa alasan, karena di warung makan tersebut terdapat sesuatu yang spesial. Warung Mak Yah sejak dulu telah terkenal dengan sajian kulinernya yang menggugah selera. Di warung yang tak pernah sepi dari pengunjung ini, Anda dapat menikmati sajian seafood yang lezat. Beberapa menu kuliner yang favorit di kalangan wisatawan adalah masakan udang dan kepiting asam manis bercitarasa tinggi.

Semua sajian makanan di Warung Mak Yah diproses secara tradisonal menggunakan tungku arang dengan bumbu – bumbu masakannya yang khas. Selain itu, satu hal lain yang menjadikan Warung Mak Yah ini populer adalah Sambal Bledhek yang terbilang pedas. Tak heran jika dinamakan Sambal Bledhek karena pedasnya benar – benar dahsyat. Tak jauh dari lokasi Warung Mak Yah, terdapat pula beberapa kios souvenir. Di kios – kios ini Anda dapat membeli berbagai jenis cinderamata maupun aksesoris khas Tulungagung.

Aneka macam kaos dan pernak – pernik bertema Pantai Popoh dijual dengan harga yang cukup ramah di kantong. Anda juga dapat menemukan aneka kerajinan tangan olahan masyarakat lokal serta hiasan dari benda – benda laut. Dalam perjalanan dari pusat kota menuju Pantai Popoh Tulungagung, Anda pasti akan melewati sebuah kecamatan yang bernama Campurdarat. Kecamatan inilah yang merupakan sentra pengrajin marmer terbesar di Jawa Timur. Sungguh disayangkan jika Anda tidak singgah sejenak untuk melihat – lihat bagaimana kepiawaian pengrajin marmer disana dalam memproduksi aneka barang dari bahan marmer. Pada sebuah desa yang bernama Desa Gamping, Anda dapat membeli souvenir dengan aneka bentuk yang menarik dan semuanya terbuat dari marmer.

Jika Anda ingin menginap di kawasan Pantai Popoh, maka Anda dengan mudah dapat menemukan beberapa penginapan atau hotel, diantaranya Hotel Popoh Indah dan Hotel Sutera Bina Samudra. Jika Anda bertolak dari Surabaya menuju Pantai Popoh di Tulungagung, Anda dapat memilih dua rute perjalanan, yaitu lewat Mojokerto atau Malang Kota. Jika Anda memilih jalur menuju Pantai Popoh melewati Mojokerto, Anda hanya perlu mengikuti rute Surabaya > Mojokerto > Jombang > Kertosono > Kediri.

Sesampainya di Kediri, Anda dapat langsung mengambil arah ke Tulungagung menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Sedangkan jika Anda memilih jalur menuju Pantai Popoh melewati Malang Kota, maka Anda hanya perlu mengikuti rute perjalanan Surabaya > Sidoarjo > Malang > Kepanjen > Wlingi > Blitar. Sesampainya di Blitar, Anda dapat langsung menuju ke Tulungagung tepatnya ke arah Besuki.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di Pantai Popoh tidak perlu kuatir, ada beberapa villa yang bisa dijadikan lokasi menginap. Setidaknya, ada empat unit villa di Pantai Popoh, dengan total 19 unit kamar. Tarif kamar di villa Pantai Popoh bervariasi, mulai Rp80 ribu sampai Rp110 ribu per malam, dengan ketentuan check-in dan check-out mirip hotel pada umumnya.

Pada pagi hari, para tamu akan dijamu dengan minuman teh atau kopi serta snack yang lezat untuk menemani waktu santai sambil memandangi pantai yang elok. Jika kurang puas, pelancong bisa langsung meluncur ke warung makan di sekitar villa untuk membeli makanan dengan harga mulai Rp5.000 hingga Rp100 ribuan per porsi, tergantung menu yang dipesan.

Namun, jika Anda kebetulan kehabisan kamar di villa Pantai Popoh atau kurang sreg menginap di tempat tersebut, tidak perlu khawatir. Anda bisa menuju Tulungagung untuk mencari penginapan yang lebih representatif. Pasalnya, ada beberapa akomodasi di Tulungagung yang berjarak lumayan dekat dengan Pantai Popoh sehingga layak dijadikan lokasi bermalam, salah satunya Crown Victoria Tulungagung.

Penginapan ini beralamat di Jalan Supriadi No. 41, Tulungagung. Crown Victoria Tulungagung hanya berselang 28 menit berkendara menuju Pantai Popoh. Jika wisatawan hendak berkunjung ke Waduk Wonorejo, cukup menempuh perjalanan selama 20 menit dari properti. Sementara, apabila ingin ke Alun-Alun Tulungagung, jarak dari penginapan hanya 1 km.

Jika pengunjung ingin mencicipi Makanan khas Tulungagung bisa langsung menuju kota tulungagung, makanan yang utama adalah sate dan gulai kambing. Meskipun anda dapat menemukan sate dan gulai kambing di beberapa daerah di Indonesia selain Tulungagung, namun sate yang ada disini berbeda dengan sate-sate di daerah lainnya. Sate kambing Tulungagung racikan bumbunya lebih meresap dan cita rasanya gurih. Selain itu, ketika dibakar sate ini juga dicelupkan ke kuah gulai sehingga menambah rasa khas dari sajian kuliner khas Tulungagung yang satu ini. Ada lagi tambahan bumbu petis dan kecap manis khas Tulungagung yang dikenal dengan merk kecap kuda.

Kunci dari kelezatan sate kambing Tulungagung, menurut penjualnya terletak pada pemakaian bumbu petis dan kecap kuda tersebut. Begitu juga dengan gulai kambingnya, paduan daging kambing yang diolah dengan campuran bumbu rempah yang khas membuat gulai kambing khas Tulungagung bercita rasa lezat dan sangat nikmat. Apalagi disantap dengan sepiring nasi putih hangat saat makan siang ataupun makan malam. Seperti sudah dikatakan di awal paragraf tadi, anda pasti akan ketagihan setelah mencoba kuliner khas Tulungagung yang pertama ini. (utg)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *