Petani Binaan Polres Mimika

  • Whatsapp

Timika,beritalima.com. Petani binaan Polres Timika, yang berasal dari SP 7 distrik Kuala kencana setelah melaksanakan vaksin covid 19 langsung berangkat ke Balai pelatihan di daerah Irigasi Ujung Timika, Saptu (26/06).

Selain kelompok tani dari SP7, bergabung juga kelompok pemuda tani dari kampung Mapurjaya Distrik Mimika Timur yang ingin juga diberikan pembelajaran cara bertani yang efektif.

Sesampainya di balai pelatihan, Kapolres Timika AKBP I Gusti Gde Era Adinata langsung memberikan pembekalan mengenai cara bertani yang efektif dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi guna meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Setelah memberikan pembekalan, selanjutnya rombongan diberikan pelatihan cara mengelola kohe ayam untuk dirubah menjadi pupuk kandang yang bagus untuk pertumbuhan tanaman.

“Membimbing masyarakat itu harus berkelanjutan, masyarakat harus tau dari hulu sampai hilir, prosesnya mulai dari nol sampai menghasilkan.Jangan kita beri sesuatu namun kita tidak bisa memastikan yang kita beri itu tidak bermanfaat.Contoh kita beri bantuan ini tiba tiba bantuan itu tidak bermanfaat,‚ÄĚkata Kapolres.

Ia menambahkan, bahwa petani dan pupuk adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Pupuk menjadi salah satu kendala yang sering dihadapi oleh para petani dalam mengembangkan usaha pertanian, oleh karena itu pelatihan membuat pupuk kompos dengan memanfaatkan kotoran hewan dan media media organik yang lain sangat penting untuk diajarkan kepada para petani.

(Timika/lasatia)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait