PKK Desa Mura Lakukan Family Gathering “Menjalin Kebersamaan dan Kekompakan”

SUMBAWA BARAT NTB.Beritalima.com
Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Mura Kecamatan Brang Ene Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2020 sekitar pukul 08.00 wita melakukan Family Gathering di pantai balad dengan tema”Menjalin Kebersamaan dan Kekompakan untuk PKK Desa Mura yang lebih baik dan luar biasa “.Pada minggu (09/02/2020).

Kegiatan Family Gathering turut hadir
Kepala Desa Mura Sirajul Munir. Ketua BPD M. Nur.Sekretaris Desa Syafruddin.
Ketua TPK Irwan Burhanuddin. Ketua PKK Desa Mura Irma Wahyuni Amd. Keb.Ketua Pokja 1 Sampai dengan 4 beserta anggota sekitar 50 orang. Babinsa Desa Mura Serka Abdul Kasim.Bhabinkamtibmas Desa Mura Bripka Kurniawan.Kepala dusun Mura H.Mustofa.Kepala dusun Buin Banyu H.Samson.

Sirajudin Munir selaku Kepala Desa Mura
mengatakan ini merupakan kegiatan yang di lakukan oleh ibu – ibu PKK yang bertujuan untuk mempererat Silaturahmi Antara PKK dengan perangkat desa mura seperti RT, Kadus, kita buat acara seperti ini, karena kekompakan di desa itu sangat penting.

“Kegiatan ini diadakan untuk memperlihatkan kalau kegiatan PKK itu tidak hanya monoton di Desa saja, tetapi sekali -kali bisa dengan membawa keluarganya seperti yang kita lihat pagi ini, untuk menjalin ke kompakan antar keluarga PKK dengan Pokja – Pokjanya,”ujarnya

Ia mengatakan di Desa Mura ini terdiri dari 3 dusun, yaitu dusun Mura, dusun Buin Banyu dan dusun Tegaran, dengan jumlah RT 10, Pokja – Pokja ini sudah tercangkup dari ke 10 RT tersebut.Tapi
sebelumnya PKK ini di desa sudah melaksanakan kegiatan Tes Baca Al – Qur’an (TBA), Lomba MTQ Tingkat RT Se Desa Mura dan banyak kegiatan lainnya.

“Family Gathering ini semacam Refresing /liburan keluarga. Untuk kedepannya kami berencana kegiatan seperti ini Insya ALLAH akan di adakan secara rutin, karena ini sama sekali tidak ada anggaran dari desa, murni dari iuran ibu – ibu PKK.”jelasnya

Ketua PKK Desa Mura Irma Wahyuni Amd .Keb menyampaikan kepada media.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan kebersamaan dan kekompakan antara ibu – ibu PKK, agar bisa bekerja sama dengan baik dalam melaksanakan program.

“Dalam kegiatan ini kita isi dengan bermacam macam perlombaan seperti memasukan benang ke lubang jarum, lari karung estafet, lomba beregu bakiak atau dayung darat dan lomba tarik tambang,ini sekedar hiburan,” Ucap Irma ketua PKK dan sebagai bidan di puskesmas desa Mura

Ia menjelaskan bahwa tiap pokja punya kegiatan masing – masing, seperti Pokja I.Kegiatan seperti TBA, pengajian rutin, yasinan rutin, gotong royong dalam setiap bulan, juga ada senam. Pokja II. ada kegiatan Upaya peningkatan dan Pendapatan keluarga (UP2K). Pokja III. Kegiatannya Hatinya PKK. Pokja IV. Kegiatan di bidang Kesehatan. Kegiatan ini baru pertama kali di laksanakan, sejak di lantik tahun 2018. Untuk kedepannya insya Allah akan kita laksanakan tiap tahun demi meningkatkan kekompakan ibu – ibu PKK dalam bekerja.

PKK desa mura lebih maju, lebih luar biasa, lebih baik lagi dari setiap Pokja mulai Pokja 1 sampai Pokja 4 dalam setiap melaksanakan kegiatan nya sesuai dengan yang di kerjakan oleh Pokja – Pokja tersebut.Dan dari segi kesehatan masyarakat desa Mura lebih sehat lagi, kita lebih ke pencegahan Preventifnya.Kedepannya Masyarakat Desa Mura lebih maju, lebih mandiri, lebih kreatif dan inovatif.”Harapannya

Selain itu juga, kemaren kita sudah mengadakan IPA Tes guna mendeteksi secara dini kanker leher rahim, karena kanker leher rahim ini menduduki peringkat teratas di Indonesia. Kita lakukan deteksi secara dini, agar bisa di obati secara dini dan tidak menyebar menjadi kanker. Karena ada satu orang terditeksi sudah kita rujuk ke Mataram dan alhamdulilah sudah diobati.

Lanjut,Terkait Stunting ada kegiatan Pos Gizi, balita yang Stunting kita kumpulkan di pos gizi, kita beri makanan 4 bintang dan kader – kadernya sambil melakukan penyuluhan bagaimana cara membuat makanan 4 bintang dari bahan makanan lokal yang ada di sekitar kita.

” Mari STBM kita giatkan untuk mensukseskan 5 pilar STBM Terutama pilar ke 5 saluran pembuangan air limbah, di mura sedang di buatkan Ipal komunal salah satu langkah mensukseskan program STBM. Kedepannya akan ada pengolahan sampah sesuai Program STBM Pilar ke 4 baik sampah organik maupun Non organik dan nantinya akan bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).”pungkasnya.(Rozak)