PLN NTT Area Geothermal Ulumbu Raih Penghargaan Subroto 2022 dari Kementerian ESDM

  • Whatsapp

ULUMBU, beritalima.com – Penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi di sektor ESDM yang diberikan kepada para stakeholder yang telah melakukan kinerja terbaik dalam memajukan sektor ESDM di Indonesia. Pada Malam Penganugerahan Penghargaan Kinerja Penerapan K3 & Keteknikan Panas Bumi Serta Kinerja Pengendalian Pencemaran dan/atau Kerusakan Lingkungan Panas Bumi Tahun 2022 yang digelar oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, pada 9 Desember 2022 di Ballroom IPB Convention Center Botani Square Building Lt. 2 Jalan Pajajaran Raya, Bogor, Jawa Barat.

Acara tersebut dibuka secara langsung Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Dadan Kusdiana.

Agenda acara inti yaitu Penandatanganan Buku Pedoman Efisiensi Biaya Pengeboran Panas Bumi yang ditandatangani oleh Bapak Dadan Kusdiana dan Direktur Panas Bumi Bapak Harris Yahya serta Penandatanganan Komitmen K3LL oleh para pimpinan tertinggi seluruh Badan Usaha Pengembang Panas Bumi di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, turut hadir dari PT PLN (Persero) Executive Vice President (EVP) Panas Bumi Bapak Christyono didampingi oleh Vice President PLTP PLN Bapak Hendra Yu Tonsa Tondang.

Sebagai bentuk komitmen untuk mengimplementasikan K3LL dan Kaidah Keteknikan Panas Bumi, PT PLN (Persero) diwakili Christyono melakukan penandatanganan komitmen tersebut disaksikan para tamu undangan.

Sejak tahun 2018 PT PLN (Persero) UIW NTT Area Geothermal Ulumbu, kabupaten Manggarai Barat, NTT selalu berpartisipasi dalam penilaian dan mendapatkan predikat baik dari Direktorat Jenderal EBTKE. Penilaian ini difokuskan untuk menilai implementasi peraturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Keteknikan Panas Bumi pada kegiatan operasional PLTP Ulumbu Unit 1-4 dan project PLTP Ulumbu Unit 5-6.

Pada tahun 2022, penghargaan bergengsi ini diterima Area Geothermal Ulumbu dengan peringkat Pratama kategori bidang Penilaian Kinerja Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Keteknikan Panas Bumi. Piagam Penghargaan ini diterima oleh Kepala Teknik Panas Bumi (KTPB) Area Geothermal Ulumbu, Bapak Haryadi dan Manager Unit Layanan Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi (ULPLTP) Mataloko Bapak Agung Subangun.

Pencapaian ini membuktikan kinerja PT PLN (Persero) UIW NTT Area Geothermal Ulumbu dalam penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Panas Bumi dinilai baik. Penghargaan ini sekaligus menjadi indikator komitmen manajemen dan karyawan PLN Group beserta mitra kerja untuk selalu mengedepankan aspek K3LL dalam setiap kegiatannya di WKP Ulumbu.

“Kami pun selalu menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir terhadap isu-isu negatif yang berkembang di media sosial, tidak semua relevan terhadap kegiatan panas bumi dengan kondisi di lapangan. Saat ini, kegiatan operasional PLTP Ulumbu Unit 1-4 dan kegiatan pra project PLTP Ulumbu Unit 5-6 yang sedang berjalan di Poco Leok tetap mengedepankan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Kaidah Keteknikan Panas Bumi sesuai peraturan yang berlaku untuk terciptanya kondisi operasional yang aman,” ujar Haryadi.

“Terima kasih atas dukungan serta kolaborasinya kepada bapak/Ibu PLN Group (PLN UIW NTT, PLN UPK Flores, PLN Indonesia Power, PT Cogindo DayaBersama, PLN UIP Nusra & PLN UPP Nusra 2) semoga penghargaan ini menambah semangat insan PLN Group di WKP Ulumbu dalam melayani kebutuhan energi listrik masyarakat di Pulau Flores dengan mengedepankan aspek K3LL dan kaidah keteknikan panas bumi dengan tujuan utama Zero Accident & Zero Fatality,” ujar Agung. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait