Tim MSC dan Bill Gates Foundation Kunjungi Bank NTT, Jajaki Kerjasama Pengembangan UMKM dan Digitalisasi Sistem Pembayaran

  • Whatsapp

KETERANGAN FOTO: Dirut Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho dan Direktur Kepatuhan, Christofel Adoe, saat menerima tim dari MSC dan Bill and Melinda Gates Foundation USA, di kantor pusat Bank NTT. (Foto: Humas Bank NTT)

KUPANG, beritalima.com – Pada Selasa (13/12/2022) siang, bertempat di kantor pusat, Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho, bersama Direktur Kepatuhan, Christofel Adoe dan sejumlah pimpinan lainnya, menerima kunjungan tim dari MicroSave Consulting (MSC) dan The Bill and Melinda Gates Foundation (BGMF).

Dalam surat resmi yang ditujukan ke Bank NTT, MSC dan BGMF dalam kunjungannya selama empat hari yakni 11-14 Desember, bertujuan memahami lanskap demografi, infrastruktur dan akses terhadap layanan keuangan (terutama keuangan digital) pada masyarakat khususnya di NTT serta program-program pemberdayaan masyarakat atau pengembangan UMKM yang dilakukan Bank NTT.

Untuk diketahui bahwa MSC adalah perusahaan konsultan global yang berfokus pada inklusi sosial, ekonomi dan keuangan untuk semua orang di era digital. Dan The Bill and Melinda Gates Foundation adalah lembaga non profit yang didirikan oleh Bill Gates dan istrinya Melinda French Gates, pendiri Microsoft Corporation, sebuah perusahaan multinasional yang berkantor di Amerika Serikat.

Perusahaan ini bergerak di bidang produksi perangkat lunak komputer, elektronik dan lainnya. BGMF memiliki visi untuk memerangi kemiskinan, penyakit dan ketidakadilan di seluruh dunia guna menciptakan dunia dimana setiap orang memiliki kesempatan untuk hidup sehat dan produktif. MSC bekerjasama dengan BGMF untuk mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan inklusi keuangan digital (Acceleration for Digital Financial Inclusion).

Kedatangan kami kesini, agar meminta Bank NTT untuk menyampaikan presentasi mengenai layanan keuangan digital yang selama ini sudah dilakukan oleh Bank NTT, mengenal Be Ju Bisa (Agen Laku Pandai Bank NTT) serta yang ketiga, program bantuan sosial dan program UMKM Bank NTT”, kata Grace Retnowati, Country Program Director-MSC Indonesia.

Tim ini pun tertarik untuk mengunjungi Agen Laku Pandai Be ju Bisa.
Untuk diketahui, tim dari MSC yakni Grace Retnowati, Raunak Kapoor selaku Country Program Manager – Digital Financial Services – MSC Indonesia, Rahmatika Febrianti sebagai Assistant Manager dan Siti Muthmainnah yang adalah Copy Editor.

Sementara tim dari Bill and Melinda Gates Foundation yakni Jason Lamb, Deputy Director – Focus Country Implementation dan Brooke Patterson sebagai Program Officer – Financial Services for the Poor.

Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander menegaskan, “siang ini, saya menerima kunjungan rombongan dari Yayasan Bill & Melinda Gates serta dari MSC. Kunjungan tim ini sangat baik, yakni menjajaki kerja sama pengembangan UMKM dan Digitalisasi Sistem Pembayaran di Bank NTT”, katanya.

“Tentu ini adalah sebuah kesempatan baik bagi bank kita sehingga kita dengan tangan terbuka menerima mereka”, tegas Alex, sapaan karibnya.

Usai tatap muka, mereka mendatangi agen Be Ju Bisa binaan Bank NTT, dan melihat dari dekat aktivitas disana. Mereka menaruh simpati atas inovasi Bank NTT dalam kemitraan dengan para pelaku UMKM. Tidak hanya itu, melainkan optimalisasi kanal-kanal pembayaran dari Bank NTT, yang selama ini dilakukan secara digital. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait