PLN Operasikan Listrik di Wisata Bukit Waung Modangan Sumberoto Malang

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur menggarap program desa tematik dengan penguatan ketenagalistrikan sebagai faktor penyokong utama. Ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah kembangkan potensi daerah.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran, mengatakan, pihaknya telah menetapkan sekitar 16 desa tematik di wilayah Jawa Timur.

“Tahapan yang kami lakukan, pertama mencari gagasan pengembangan desa sehingga dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan partisipasi lokal, kedua menentukan temanya, dan ketiga meningkatkan kemandirian ekonomi lokal,” papar Lasiran, Selasa (26/7/2022)

Salah satu desa tematik yang sedang digarap PLN ialah listrik Desa Wisata Bukit Waung Modangan Sumberoto, Kabupaten Malang. Desa yang terkenal dengan panorama pantai dan wisata paralayang ini telah dilistriki pada pekan lalu.

Untuk mensukseskan branding kawasan ini sebagai tempat paralayang nasional dan internasional, PLN secara cepat membangun infrastruktur pada kawasan yang sebelumnya listrik mereka diperoleh dengan menyalur.

“Pada pengoperasian kali ini terdapat 10 gawang SUTM , 19 gawang SUTR, pasang baru listrik sejumlah 26 pelanggan 1 phasa dan 2 pelanggan 3 phasa, dengan total daya 100 kVa sudah berhasil nyala total,” ujar Manager PLN UP3 Malang, M.Farqi Faris.

Memberikan apresiasi atas dukungan penuh PLN sebagai salah satu stakeholder yang paling berperan, Kepala Desa Sumberoto Budi Otomo mengungkapkan suka citanya.

“Mewakili seluruh masyarakat Desa Sumberoto terutama yang berada di wilayah Desa Tematik Wisata Bukit Waung Modangan, saya menyampaikan terimakasih pada PLN, dengan kerjasama dan kerja kerasnya wilayah ini dapat menikmati aliran listrik dari PLN,” ucap Budi.

“Dalam waktu dekat pantai modangan ini akan dijadikan venue paralayang internasional, maka kebutuhan listrik disini juga sangat tinggi, apalagi dengan adanya listrik juga membantu tempat usaha disini lebih mudah mendapatkan aliran air tawar,” imbuhnya.

Pengoperasian ini sekaligus bentuk komitmen PLN untuk dapat terus menerangi seluruh wilayah di Indonesia tanpa terkecuali. Farqi mengimbau pada seluruh masyarakat untuk berperan menjaga seluruh material dan jaringan PLN.

“Sebagai salah satu upaya untuk menjaga keandalan listrik adalah dengan rabas pohon dekat jaringan. Masyarakat juga diharapkan dapat melaporkan kepada PLN apabila sekiranya ada pohon yang sudah tumbuh mendekati jaringan agar dirabas segera oleh PLN,” tutur Farqi.

“Untuk urusan pembayaran listrik tidak perlu khawatir, karena semuanya bisa diakses melalui aplikasi PLN Mobile,” tambahnya.

Di Situbondo, program desa tematik mengusung tema electrifying marine untuk Wisata Pancing Widoro, Pasar Banyuputih. Rencananya ke depan akan dibangun wisata taman pancing, edukasi tambak udang, wisata bahari dan kuliner.

“Yang menjadikan kawasan wisata ini menarik, tambak dikelola bersama oleh BUMDes. Jadi milik warga bersama, bukan perorangan,” kata Manager PLN UP3 Situbondo, Suhandopo.

“Untuk pengoperasian tambak, electrifying marine sebanyak 4 pelanggan tambak total daya 220 kVA pada Bulan Juni lalu,” tutupnya. (Gan)

Teks Foto: Desa Wisata Bukit Waung Modangan Sumberoto, Kabupaten Malang, dengan panorama pantai dan wisata paralayang yang telah dilistriki PLN sejak pekan lalu.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait