PLN Siagakan 3.799 Personil Amankan Sistem Kelistrikan Terdampak Banjir di Jabar

  • Whatsapp

Bandung, PLN menyiagakan sebanyak 3.799 personil untuk mengamankan sistem kelistrikan yang terdampak banjir dan longsor di Jawa Barat (Jabar). Dengan mengutamakan keselamatan masyarakat, PLN terus bersiaga memantau sistem kelistrikan pada daerah terdampak di sejumlah Wilayah Layanan PLN Jawa Barat yakni Cirebon, Bekasi, Karawang, Cikarang dan Gunung Putri.

Sampai dengan Pukul 09.00 WIB jumlah Gardu bertambah siginifikan menjadi 351, Padahal sampai dengan kemarin (19/2) Pukul 11.00 WIB jumlah Gardu Distribusi terdampak 97 Gardu. saat ini PLN Jawa Barat sudah berhasil mengoperasikan 96 Gardu menyisakan 255 Gardu distribusi yang belum di operasikan.

“Untuk yang Longsor di garut sudah pulih 100% sedangkan Akibat banjir ini 64.273 pelanggan belum bisa kami operasikan kelistrikan nya, karena masih tergenang banjir, Untuk itu, PLN tetap siagakan 72 Posko yang tersebar di wilayah Jawa Barat dan sebanyak 3.799 orang personil serta menyiapkan 103 Genset, 20 UPS, 99 Unit Gardu Bergerak, 12 Unit Kendaraan Deteksi dan 700 Unit Kendaraan Operasional pada Kondisi Siaga ini,” terang General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Agung Nugraha.

beritalima.com

Agung menambahkan, pihaknya terus bekerja keras dan memantau kondisi di lapangan sejak hujan terus mengguyur wilayah Jawa Barat. Dirinya juga mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan di musim hujan dan banjir.

Kemarin Wilayah Gunung Putri sempat normal 100% pukul 21.00 WIB tetapi hujan deras kembali melanda wilayah Jawa Barat Akibatnya wilayah tersebut kembali dilanda banjir bahkan jumlah gardu yang tredampak menjadi bertambah.

beritalima.com

Agung Nugraha pada kesempatan tersebut mengatakan  Terdapat kondisi yang menyebakan listrik dinonaktifkan demi keselamatan yaitu apabila rumah warga terendam, jaringan listrik PLN terendam, dan keduanya terendam. PLN akan memulihkan listrik di lokasi banjir apabila semua jaringan listrik baik di sisi warga maupun PLN sudah dalam kondisi kering dan siap dialiri listrik, serta kedua belah pihak menandatangani berita acara penyalaan

YBM PLN Jawa Barat berupaya untuk meringankan beban masyarakat terdampak banjir dengan berbagi sembako pada korban banjir desa Mekarsari wilayah Ciledug, Cirebon sedangkan untuk wilayah Bekasi YBM PLN memberikan makanan siap saji berupa nasi bungkus.

PLN terus memantau perkembangan situasi di lokasi-lokasi yang terdampak maupun berpotensi banjir untuk secara sigap mengambil langkah. PLN juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat untuk hal tersebut.

Apabila air mulai masuk ke rumah, warga secara mandiri dapat mematikan listrik dari Mini Circuit Breaker (MCB) pada kWh meter. Selanjutnya warga bisa menghubungi PLN melalui Contact Center 123 atau melalui aplikasi PLN Mobile.

beritalima.com beritalima.com

Pos terkait