PLN Sulap Kampung Mandar Kumuh Jadi Kawasan Wisata Kuliner

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com | PLN UP3 Banyuwangi bersama Pokdarwis Kampung Mandar berkolaborasi mengembangkan potensi wisata berbasis pemberdayaan masyarakat dan UMKM melalui Program PLN Peduli Fish Market Kampung Mandar.

Manager UP3 Banyuwangi, Yudho Rahadianto, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Kelompok Sadar Wisata Kampung Mandar, Hilman Syah Anwar, Rabu (22/06/2022). Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, M. Yanuar Bramuda, dan Lurah Kampung Mandar, Dwi Sasongko.

Bantuan berupa penunjang sarana dan prasarana Fish Market Kampung Mandar ini bertujuan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan yang mendorong masyarakat untuk mandiri dengan menjadi UMKM, bukan hanya dari sisi kuliner saja, namun juga dari sisi penunjang pariwisata lain seperti cinderamata, souvenir, permainan anak yang menerapkan Electrifying Lifestyle.

“Kami masih mengingat betul pertama kali kami hadir memberikan bantuan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk penerangan disini pada tahun 2021, dan selanjutnya bantuan sarana dan prasarana melalui PLN Peduli,” kata Yudho.

“Melalui bantuan ini, kami berharap Kampung Mandar menjadi sentra wisata dan kuliner ikan segar di Banyuwangi. Tak hanya itu, kami siap mendampingi Pokdarwis untuk terus tumbuh memberdayakan masyarakat setempat,” lanjutnya.

Fish Market Kampung Mandar sendiri merupakan pasar ikan segar yang dekat dengan destinasi wisata Pantai Boom dan pemukiman nelayan. Destinasi kuliner ini memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung untuk bisa memilih langsung berbagai jenis ikan segar dan hasil laut lain (seafood) hasil tangkapan nelayan untuk diolah oleh UMKM yang menyediakan jasa memasak/bakar sesuai selera, yang tentunya dengan harga yang ramah.

Pengunjung juga bisa melihat proses pengolahan masakan, sambil menikmati sajian live music dan pemandangan iconic Pantai Boom.

Sebelumnya, Fish Market Kampung Mandar merupakan kawasan yang tidak layak dan sering menjadi pembuangan sampah nelayan. Melalui bantuan pemerintah dan PLN, Pokdarwis Kampung Mandar menginisiasi lokasi ini menjadi sentra wisata dan kuliner.

“Jangankan potensi wisata, dilirik pun saja tidak,” ungkap Ketua Pokdarwis Kampung Mandar, Dieo Mafirungkas, mengenang kondisi Kampung Mandar sebelum ini.

“Awalnya pemerintah yang menginisiasi, kemudian PLN memberikan uluran tangan dan mendampingi perjalanan kami hingga saat ini. Alhamdulillah, saat ini pengunjung terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun,” lanjut Dieo. (Gan)

Teks Foto: Fish Market Kampung Mandar, sentra wisata dan kuliner ikan segar di Banyuwangi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait