Pohon Lapuk Tumbang, Jalur Ditutup Sementara

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com – Jl. R Sumendro Wonosobo sempat ditutup petugas Satlantas Polres Wonosobo, Sabtu (13/1) siang ini. Pasalnya sebuah pohon peneduh jalan tumbang dan menutup jalur tersebut. Jalur dibuka kembali setelah Unit Dalmas Satsabhara Polres Wonosobo berhasil mengevakuasi kayu tersebut menggunakan gergaji mesin.

Kasatsabhara, AKP Agus Priyono, S.H. menuturkan kejadian pohon rubuh tersebut terjadi sekitar pukul 14.15 Wib. “Saat itu ada anggota Satlantas yang sedang berpatroli dan mengetahui adanya kejadian tersebut sehingga langsung menghubungi kami,” katanya.
Tidak berlangsung lama, Petugas dari Unit Dalmas langsung memotong-motong pohon tersebut menggunakan gergaji mesin dan menyingkirkannya ke tepi jalan sehingga kendaraan kembali bisa lewat. “Pohonnya diameter sekitar 35 cm. Namun karena merubuhi kabel telepon, jadi kami agak sedikit kesulitan. Yang penting sekarang jalan sudah bisa dilewati lagi,” katanya.

Disinggung mengenai kerawanan kejadian serupa di wilayah Wonosobo, Kasatsabhara mengajak warga masyarakat untuk lebih hati-hati. “Ada beberapa pohon penedug utamanya di wilayah kota Wonosobo yang berusia tua sehingga rawan patah maupun roboh. Oleh karenanya, masyarakat agar lebih waspada. Jika ada kejadian semacam ini, langsung saja laporkan kepada kami,” himbaunya. “Ini ada juga laporan rumpun bambu yang merubuhi jaringan listrik. Namun akan kami cek terlebih dahulu,” imbuh Kasatsabhara.

Sementara itu menurut salah seorang saksi mata, Sarno, mengungkapkan penyebab kejadian tersebut karena bagian pohon tersebut sudah lapuk. “Sebelum kejadian tersebut juga ada angin kencang dan tiba-tiba pohon itu rubuh begitu saja,” katanya. (Gus Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *