Polisi di Pamekasan Pantau Penyaluran Bantuan Sanitasi ke Desa

  • Whatsapp

PAMEKASAN, Beritalima.com|Dalam menciptakan kesehatan lingkungan Kanit Binmas Polsek Kadur Aipda Hairul Rahman, memantau panyaluran bantuan sanitasi dari Kementrian Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman bagi warga miskin di Dusun Sakadduk Barat, Desa Bungbaruh, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan.

Berdasarkan pantauan di lapangan bantuan tersebut bersumber dari Kementrian melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Pamekasan.

“Kami hanya memastikan saja program bantuan pembuatan kamar mandi plus WC sehat bagi warga miskin di seluruh wilayah, ini dilakukan pada warga miskin yang dinilai belum memiliki kamar mandi dan WC memadai,”paparnya

Sedangkan tujuan program ini untuk memberikan rasa nyaman dan sehat kepada para warga miskin yang berada di pemukiman, dengan terciptanya kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Diakui ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi warga miskin untuk mendapatkan bantuan pembangunan sanitasi WC, kamar mandi yang bersih dan sehat, di antaranya tersebut belum memiliki sanitasi yang memadai.

Untuk tahun ini, di Wilayah Kecamatan Kadur ada 10 Desa warga miskin yang mendapat bantuan pembuatan WC dan kamar mandi dari Kementrian Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Pamekasan, yaitu salah satunya di Dusun Sakadduk Barat Desa Bungbaruh.

“Selain membantu membangun fisik bangunan sanitasi, kita juga memberikan pembinaan kesehatan kepada para warga miskin dengan penerapan pola hidup bersih dan sehat,”ungkapnya.

Dimulai dari tata-cara yang benar mencuci tangan, BAB yang sehat, mandi, makan, menjaga dan membersihkan lingkungan, serta merapikan kamar tidur dan menggantung baju yang benar,
Diakui selama ini para warga miskin di Dusun Sakadduk Barat terbiasa menerapkan pola hidup sederhana.

Namun setelah mendapat pembinaan kesehatan mereka tersadarkan dan mulai menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Disyukuri bukan hanya para warga miskin saja, pihak pemerintah Desa Bungbaruh pun senang dengan program ini.(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait