Polres Gelar Doa Bersama di Mapolres Sergai

  • Whatsapp

SERDANG BERDAGAI, Beritalima.com- Keberagaman umat beragama di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, merupakan anugerah yang harus disyukuri oleh seluruh masyarakat Serdang Bedagai. Betapa tidak, di saat ibukota Jakarta dan kota-kota besar lain beberapa waktu terakhir ini disibukkan dengan aksi anti penistaan agama.

Di Kabupaten Sergai kerukunan dan toleransi antar umat beragama sangat erat terjaga dan terpelihara. Nuansa kerukunan dan toleransi ini lah yang selanjutnya mendorong Polres Sergai berinisiatif menggelar acara “Doa Bersama antar Umat Beragama” untuk menjaga kebhinnekaan. Kegiatan doa bersama ini dilaksanakan pada hari Jumat (2/12) di halaman Mapolres Serdang Bedagai.  

Hadir pada acara doa bersama ini adalah Wakil Bupati Sergai Dharma Wijaya, SE, Ketua DPRD Kabupaten Sergai H. Syahlan Siregar, Ketua Kejaksaan Negeri Sergai erwin Panjaitan,SH, Dandim 0204/DS yang diwakili Perwira Penghubung Kapten Sukarianto, seluruh pemuka agama Islam, Kristen Protestan, Katholik, Hindu, Budha dan Konghucu. 

Selanjutanya Peserta doa yang hadir lebih kurang berjumlah 300 orang dan bersama-sama memanjatkan doa kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa untuk menjaga dan melindungi keutuhan NKRI dan persatuan dan kesatuan bagi seluruh umat. 

Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto, SH, Sik, MH pada sambutannya mengatakan bahwa saat ini di era demokrasi, di mana kedaulatan berada di tangan rakyat, maka Polri dan TNI harus mengabdikan diri bagi secara totalitas kepada masyarakat. 

“Kebhinekaan bangsa dan negara Indonesia merupakan salah satu pilar dalam persatuan, dan kesatuan yang harus dijaga bersama. Hari ini kita berkumpul di tempat ini untuk berdoa bersama, menyatukan hati dan pikiran kita agar negara Indonesia dijauhkan dari perpecahan,” kata Kapolres.

Selanjutnya,  memaknai kegiatan doa bersama yang dilaksanakan di Mapolres Sergai ini. Kapolres berharap semua elemen masyarakat bersatu padu dalam memajukan Kabupaten Sergai dan berdoa bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Acara doa bersama yang didahului dengan sarapan bersama, dimulai pada pukul 08.00 Wib berakhir pada pukul 11.00 Wib, berlangsung secara khusuk dan khidmat. Walaupun cuaca hujan gerimis namun seluruh hadirin yang hadir tetap bersemangat dalam mengikuti acara. Para pemuka agama dan semua hadirin terlihat khidmat dalam melaksanakan doa yang dipimpin oleh para pemuka agama secara bergiliran. 

Kemudian Salah satu pemuka agama Konghucu Budi Wistan yang hadir, dan diminta tanggapannya mengatakan bahwa acara seperti ini sangat bagus dilaksanakan dan berterima kasih kepada Kapolres Sergai yang telah memfasilitasi.

“Harapannya situasi dan kondisi tetap kondusif serta doa-doa yang dipanjatkan hari ini dapat dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.” pungkasnya. (sugi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *