Porprov Jatim Baru Digelar, Kota Madiun Sabet Dua Medali

  • Whatsapp

LAMONGAN, beritalima.com- Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur 2019 resmi dimulai di Gelanggang Olahraga Surajaya Kabupaten Lamongan, Sabtu 6 Juli 2019, malam.

Meski baru digelar, atlet dari Kota Madiun sudah mempersembahkan dua medali perunggu dari cabang atletik (lompat jauh) dan ju jitsu, Minggu 7 Juli 2019.

Pembukaan yang berlangsung meriah, juga dihadiri Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bersama Wakil Gubernur, Emil Elestianto Dardak, serta bupati dan walikota pemerintah daerah di seluruh Jawa Timur. Tak terkecuali Walikota Madiun, H. Maidi dan Wakil Walikota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri.

Keduanya sengaja berbagi tugas. Inda Raya mendampingi atlet dan official di atas lintasan tempat atlet memperkenalkan diri, sedangkan H. Maidi menyambut kontingen di atas panggung. Berbeda dengan kontingen lain, setiap atlet Kota Madiun membawa miniatur bendera merah putih.

Dalam event ini, Kota Madiun menerjunkan 171 atlet dalam kejuaraan olahraga terbesar di Jawa Timur tersebut. Yakni terdiri dari 105 atlet putra dan 66 atlet putri. Ratusan atlet ini bertanding di 23 cabang olahraga (cabor) dan 1 cabor eksebisi.

Walikota Madiun, H. Maidi, berpesan kepada atlet untuk menjaga nama baik Kota Madiun dengan menjunjung tinggi sportifitas. Selain itu, agar berjuang maksimal dengan menampilkan performa terbaik.

“Yang penting berjuang dulu yang maksimal. Soal hasil itu nanti. Tatkala sudah berjuang keras, saya rasa hasil tidak akan menghianati proses,” kata H. Maidi.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, berkomitmen untuk menggelar Porprov dua tahun sekali dari empat tahunan sebelumnya. Dia berharap, kegiatan dapat dimulai dari tingkat paling bawah. Mulai pekan olahraga desa atau kelurahan, kecamatan, hingga tingkat kota dan kabupaten. Selain untuk menggali bakat-bakat dari tingkat bawah, kegiatan juga dapat menghidupkan geliat perekonomian di masyarakat.

“Kalau kegiatan digelar mulai dari tingkat bawah akan ada banyak geliat di sana. Akan ada multiplier effect lain. Jadi tidak hanya olahraga. Tapi juga menggerakkan sektor-sektor lain,” tutur Khofifah.

Upacara pembukaan ini, diawali dengan seni musik dan tarian. Total lebih dari seribu penampil secara bergantian mengisi acara. Tak ketinggalan kesenian-kesenian khas Jawa Timur juga turut meramaikan. Pembukaan kian menarik dengan permainan lighting dan kembang api. Sejumlah artis ibu kota juga hadir. Diantaranya pedangdut Erie Susan dan Grup Band Kotak.

Untuk diketahui, Porprov tahun ini diselenggarakan di empat daerah di Jatim. Yakni, Kabupaten Gresik, Lamongan, Tuban, dan Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan tersebut, diikuti 7.818 atlet dan dua ribu lebih official. Jumlah ini menjadi rekor tersendiri gelaran Porprov di tanah air sejauh ini. Ribuan atlet tersebut akan memperebutkan 525 medali dari 40 cabor. (Sumber Kominfo. Editor: Astono).

Ket.Foto: H. Maidi (atas), Inda Raya (tengah bawah).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *