Praperadilan Pendeta Yang Diduga Cabuli Jema’atnya Dicabut

  • Whatsapp

SURABAYA – beritalima.com, Hanny Layantara, oknum pendeta di Surabaya  menggugat Polda Jatim melalui praperadilan di Pengadilan Negeri Surabaya atas penetapan dirinya sebagai tersangka kasus pencabulan.

Namun upaya perlawanan atas tidak sahnya penetapan dirinya sebagai tersebut terpaksa dicabut, lantaran pokok perkaranya telah disidangkan, pada Senin (18/5/2020) kemarin. 

Praperadilan tersebut resmi dicabut oleh Hanny Layantara melalu tim kuasa hukumnya dalam persidangan tadi siang.

“Dengan demikian permohonan praperadilan dinyatakan dicabut,” ujar hakim tunggal praperadilan Martin Ginting dalam persidangan diruang Garuda 2 Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa (19/5/2020).

Jeffry Simatupang salah seorang kuasa hukum pemohon mengatakan, pencabutan tersebut dikarenakan pihaknya tidak mau membuang energi lantaran pokok perkaranya telah disidangkan.

“Supaya kami bisa fokus ke pokok perkaranya, karena itu kami cabut,”katanya saat dikonfirmasi usai persidangan.

Diketahui, Hanny Layantara dilaporkan ke Polda Jatim atas tuduhan pencabulan terhadap salah seorang jema’atnya. Peristiwa tersebut terbongkar saat korban hendak menikah. 

Dalam laporan polisinya, dugaan pencabulan tersebut terjadi secara berkelanjutan selama 17 tahun, sejak korban berusia 9 tahun.

Kini, kasus pencabulan ini mulai disidangkan di Pengadilan Negeri Surabaya secara tertutup sejak Senin (18/5/2020) dengan agenda pembacaan surat dakwaan dari jaksa penuntut umum (JPU) Kejati Jatim dan dilanjutkan dengan eksepsi yang diajukan tim penasehat hukum. (Han) 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait