Presiden Jokowi Terkesan Lihat Komoditas Porang Kabupaten Madiun

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Seusai memberikan pengarahan kepada Forkopimda se-Jawa Timur secara virtual, di Pendopo Ronggo Djoemeno, Caruban, Kabupaten Madiun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan melanjutkan kunjungannya ke pabrik pengolahan Porang, PT Asia Prima Konjac di Desa Kuwu, Keamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Kamis 19 Agustus 2021.

Ketika meninjau pabrik, Pesiden terkesan saat melihat ratusan bahkan ribuan ton komoditas Porang hasil panen petani Kabupaten Madiun dan daerah sekitarnya yang siap diolah PT Asia Prima Konjac menjadi olahan yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan siap diekspor ke beberapa negara.

Memang, sejak awal Presiden menaruh harapan besar terhadap Porang. Untuk itu, dirinya mentetapkan Porang menjadi salah satu komoditas baru unggulan untuk menopang pangan di Indonesia

Jokowi juga senang karena berkat PT Asia Prima Konjac, Porang diolah menjadi komoditas yang memiliki nilai tambah bagi petani.

“Tadi saya sempat tanya ke petani Porang, dengan luasan lahan satu hektar bisa menghasilkan porang 15-20 ton. Bahkan hasilnya per musim tanam pertama bisa sampai 40 juta ton dalam kurun 8 bulan. Ini sebuah nilai yang sangat besar dan pasarnya masih terbuka,” ucap Jokowi.

Dalam beberapa kesempatan, Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami, berharap, melalui pengembangan Porang ini masyarakat Kabupaten Madiun, utamanya petani porang harus mendapat dampak multi player efecknya.

“Sehingga tidak menjadi penonton di daerahnya sendiri. Untuk itu, pemerintah telah melakukan intervensi agar tanaman Porang yang menaman petaninya, industri kebagian untuk pasca panennya,” kata H. Ahmad Dawami. (Benny/Dibyo).

Presiden Jokowi (menunjuk), H. Ahmad Dawami (kiri) atas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait