Prihatin TKI Dihukum Mati, IPHI Beri Pelatihan Hukum Gratis

  • Whatsapp

SURABAYA – beritalima.com, Tuti Tursilawati, salah satu Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Indonesia adalah salah satu protet kelam para pahlawan devisa yang berusaha menyambung hidup di Negeri orang. Namun naas, Tuti harus dieksekusi mati oleh Pemerintah Arab Saudi.

Tuti bukan yang pertama kali menjalani ekseskusi mati di Arab Saudi. Tiga TKI lainnya juga mengalami nasib serupa. Saat ini, tercatat di Kementerian Luar Negeri (Kemlu), masih ada 13 orang TKI menghadapi kasus serupa dengan ancaman hukuman mati.

Kondisi ini membuat Ketua Umum Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI), H. Rakhmat Santoso SH, MH mengelus dada. Tak ingin terluang, anggota IPHI yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia diinstruksikan agar aktif memberikan pendampingan hukum kepada calon TKI yang akan bekerja di luar negeri.

“Upaya lebih dini harus kita lakukan. Berikan mereka wawasan soal hukum yang berlaku di negara yang akan mereka tuju. Di beberapa daerah, DPD IPHI punya LBH yang memberikan pendampingan dengan gratis, tidak ada biaya, ” ujarnya. Kamis (1/11/2018).

Dicontohkan Rakhmat, TKI yang mendapatkan perlakuan tidak baik oleh majikannya harus diberikan bekal langkah seperti apa yang ditempuh sesuai hukum di negara tempat mereka bekerja.

“Hukum di setiap negera berbeda-beda, kita harus bantu mereka dengan pemahaman hukum sebelum terjadi masalah. IPHI yang di daerah bisa bekerjasama dengan Disnaker atau pihak-pihak terkait lainnya. Kita juga buka Posko bagi calon agar bisa datang ke IPHI yang ada di setiap derah, tanpa dipungut biaya, ” ucapnya. (Han/wankum)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *