Prihatin Warga Yang Putus Sekolah, Geuchik Sungai Pauh Pusaka Buka Kejar Paket A, B dan C

  • Whatsapp

LANGSA-ACEH, Beritalima.com|Prihatin terhadap warga yang putus sekolah Gampong Sungai Pauh Pusaka gelar Kelompok belajar (Kejar) untuk menuntaskan wajib belajar 12 Tahun bekerjasama dengan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Salsabila melalui program kesetaraan pendidikan Paket A,B dan C.

Hal ini disampaikan Musliady, S.Pd Geuchik Gampong Sungai Pauh Pusaka Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa kepada beritalima.com, Selasa (17/12).

“Kelompok belajar (Kejar) Paket A, B dan C adalah solusi bagi warga yang sudah berusia di atas usia sekolah namun ingin memiliki pengetahuan, kemampuan dan ijazah setara dengan SD, SMP atau SMA”, ujar Geuchik Termuda

Dikatakannya, siapa saja yang ingin mengikuti Paket A, B dan C harus mendaftar di lembaga penyelenggara Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) resmi yang terdaftar di Departemen Pendidikan Nasional.

Atas dasar tersebut, Gampong Sungai Pusaka berkerjasama dengan PKBM Salsabila sehingga nantinya bisa mengikuti Ujian Kejar Paket dan mendapatkan ijazah yang diakui oleh Negara.

Kejar Paket A setara dengan Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket B setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP), sedangkan Kejar Paket C setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Melalui program kejar paket tersebut siswa akan mendapatkan pelajaran setara dengan tingkatannya, serta akhir program siswa bisa mengikuti ujian kejar paket atau ujian persamaan/kesetaraan untuk mendapatkan Ijazah sebagai tanda kelulusan.

Kemudian, Ijazah dapat dipakai untuk mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik ke sekolah menengah ataupun ke perguruan tinggi, atau bagi yang hendak langsung bekerja, Ijazah juga dapat dipergunakan sebagai kelengkapan persyaratan lamaran kerja.

“Alhamdulillah sampai hari ini (17/12) sudah ada 20 orang yang mendaftar, mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat dalam menyetarakan pendidikan tingkat SD, SMP sampai SMA di Gampong Sungai Pauh Pusaka,” pungkas Musliady S.Pd. (Dhani Atjeh).

Teks Foto : Geuchik Gampong Sungai Pauh Pusaka Musliady S.Pd

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *