Program Pisew, Gondang Gunung Bangun Rabat Jalan Beton Dan TPT

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Upaya Pemerintah untuk pemerataan pembangunan dan perbaikan infrastruktur terus dicanangkan, terutama untuk daerah yang rawan bencana maupun longsor.

Kucuran anggaran digelontorkan setiap tahun melalui berbagai program untuk menunjang kesejahteraan dan peningkatan mutu masyarakat, mempermudah jalur perekonomian.

Melalui program Pengembangan Insfratruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), diharapkan, dapat membantu serta mendukung lancarnya kegiatan dan rutinitas masyarakat setiap hari.

Desa Gondang Gunung, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, mendapat bantuan pemerintah dari program pisew. Anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan rabat jalan dan Tembok Penahan Tanah (TPT).

Besaran anggaran pun sangat fantastis, sekitar 600 juta diberikan untuk Desa Gondang Gunung dari program tersebut.

Karji Kades Gondang Gunung menyatakan, sangat bersyukur mendapatkan bantuan pisew tahun ini. Mengingat, akses jalan sulit dilalui dan kontur tanah yang labil rawan longsor. Rabu, (27/10/2021).

” Alhamdulillah pengajuan ke Dinas PUPR sudah disetujui dan direalisasikan, sehingga kami dapat membangun rabat jalan di titik yang sudah diajukan. Tembok penahan tanah pun sudah dikerjakan, semoga bisa selesai bersama dan tepat waktu” ucap Karji.

Akses Jalan yang sulit, ditambah tembok yang rawan longsor menjadi kendala masyarakat untuk melakukan aktifitas, Sehingga harus segera diperbaiki.

“Selama ini jalan yang dilalui masyarakat sangatlah sulit, banyak warga yang harus hati-hati memilih jalan dan tak jarang jatuh terpeleset akibat jalan licin. Namun, semua masalah sudah teratasi dengan adanya bantuan program pisew ini,” tambah Kades.

Lanjutnya, rabat jalan betondi dusun sorjo memiliki panjang 826 m dengan lebar 3 m dan ketinggian 15 cm. Talut penahan jalan ada 2 titik yaitu, panjang 23 dengan ketinggian 2,5 m dan 10 m ketinggian 3 m.

” tujuan dibangun jalan rabat, dusun Sorjo merupakan wilayah peternakan, sering dilewati masyarakat dan beban muatan kendaraan cupuk berat. Sehingga, jika jalan bagus dapat memperlancar dan menunjang perekonomian lebih maju.

Harapan kades, jalan yang bagus aktifitas lancar, ekonomi maju, tumbuh kembang masyarakat stabil. Dikerjakan secara Padat Karta Tunai (PKT), Sehingga dapat menyerap tenaga kerja sekitar lokasi pembangunan.

” Kepada pemerintah pusat terutama Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung kami mengucapkan terimakasih,dan program pisew sangat membantu masyarakat sangat suka dan salut, karena jalan yang dulunya masih tanah sekarang sudah nyaman dilalui,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait