Proyek Fisik Untungkan Warga Terdampak Covid-19

  • Whatsapp

MAGETAN, beritalima.com- Proyek fisik di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, menguntungkan warga dimasa pandemi Covid-19. Pasalnya, mereka juga dapat turut bekerja. Dengan begitu, ekonomi warga tertolong dimasa pandemi. Khususnya warga sekitar dimana proyek dikerjakan.

Beberapa proyek, diantaranya yang dikerjakan oleh Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Salah satunya proyek pembangunan saluran drainase lingkungan di Kelurahan Mangkujayan senilai Rp.194,5 juta.

Selain warga juga dapat ikut bekerja, sisi lain, mereka juga turut menikmati proyek tersebut. Karena dengan dibangunnya drainase ini, mengurangi resiko banjir di musim penghujan.

“Alhamdulillah, di tengah pandemi Covid-19, kami masih bisa bekerja. Kalau tidak ada proyek seperti ini, keluarga kami bisa kesulitan ekonomi,” kata salah satu pekerja lokal.

Pun demikian dengan proyek rehabilitasi pemeliharaan trotoar dan saluran drainase dengan nilai Rp.182,9 juta di Jalan Agung Suprapto. Selain menyerap tenaga lokal, warga juga diuntungkan dengan proyek tersebut. Selain tampak lebih rapi, dengan dipasangnya paving, pejalan kaki merasa lebih aman.

“Proyek ini (pavingisasi), sangat bermanfaat bagi warga. Kami berjalan kaki lebih aman. Apalagi bagi kaum difabel, tentu sangat bermanfaat proyek ini. Karena trotoar lebih bagus,” ucap salah satu warga.

Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Magetan, Rokhmat Zainuddin, ST.MT, mengatakan, pihaknya sengaja meminta rekanan untuk memprioritaskan tenaga warga setempat atau tenaga lokal. Dengan madsud, ada mutualisme.

“Kami bisa mengerjakan proyek dengan baik, tenaga lokal juga ada pendapatan di masa pandemi. Prinsipnya, bagaimana dinas kami juga turut membangkitkan perekonomian warga di tengah pandemi melalui proyek fisik. Jadi ada unsur mutualisme,” tutur Rokhmat Zainuddin, ST.MT, Kamis 10 Desember 2020. (Hadi/editor: Dibyo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait