PT BSI Gelar Peluncuran Program Pelatihan Green Operator

  • Whatsapp
foto : PT BSI melaksanakan peluncuran program Green Operator (Abi beritalima.com)

BANYUWANGI, beritalima.com – PT Bumi Suksesindo (BSI) secara resmi memulai program Green Operator Training di site Tujuh Bukit per Juli 2020. Peluncuran program pelatihan ini dilaksanakan di Kantor External Affairs PT BSI, Sabtu 4 Juli 2020.

“Kami menyeleksi warga terdekat dengan perusahaan dan karyawan level nonstaf (helper atau crew) yang berperilaku baik, bertekad kuat, dan berkeinginan menjadi operator alat berat di pertambangan,” kata Manager Human Resources PT BSI, Adi Firdaus.

Bacaan Lainnya

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja, lanjut Adi, tahun ini perusahaan memutuskan menggelar program pelatihan kerja atau on job training (OJT) untuk kebutuhan operator alat berat. Meskipun jumlah peserta dibatasi, minat masyarakat untuk mendaftar dan mengikuti seleksi cukup tinggi. Dari 72 pendaftar yang mengikuti seleksi, terpilih enam orang—terdiri atas tiga wanita dan tiga laki-laki—untuk mengikuti program pelatihan selama dua tahun.

Peserta program ini dipilih dari mereka yang benar-benar pemula, yang sama sekali belum menguasai perihal alat berat. “Trainer kami akan melatih mereka sampai menguasai alat berat sekaligus aspek-aspek keselamatan yang dibutuhkan,” kata Adi.

Saat ini hanya ada seorang operator wanita aktif di site Tujuh Bukit, sehingga keikutsertaan peserta wanita dalam program ini bisa menambah jumlahnya sekaligus menunjukkan bahwa wanita juga bisa mengerjakan pekerjaan “laki-laki”.

Selama masa pelatihan, peserta ini mempelajari teknik-teknik dasar pertambangan, kesehatan dan keselamatan kerja (K3), dan pengoperasian alat berat: khususnya articulated dump truck (ADT). Hasilnya, mereka diharapkan dapat membentuk pekerja yang terlatih serta berdedikasi tinggi dalam pekerjaan dan penerapan K3.

Sementara itu, Senior Manager External Affairs PT BSI, Sudarmono menjelaskan program ini sangat strategis bagi perusahaan karena menjadi bagian dari pengembangan sumber daya manusia di sekitar lokasi tambang sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan. Sebelumnya, program sosial perusahaan diarahkan pada delapan bidang pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM): pendidikan, kesehatan, tingkat pendapatan riil atau pekerjaan, kemandirian ekonomi, sosial dan budaya, lingkungan, kelembagaan komunitas, dan infrastruktur.

“Ini merupakan program perdana di BSI. Semoga bermanfaat bagi para peserta dan keluarganya,” katanya. (*/Abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait