PUSHIDROSAL Terima Kunjungan Mahasiswa Geografi UGM

  • Whatsapp
Kapten Laut (KH) M. Anwar saat memberikan paparan tentang Pushidrosal kepada para mahasiswa Geografi UGM.

JAKARTA, beritalima.com – Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menerima kunjungan 40 mahasiswa Kartografi dan Penginderaan Jauh Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) di Mako Pushidrosal Jalan Pantai Kuta V/1 Ancol Timur Jakarta Utara, Selasa (29/1).

Kedatangan rombongan mahasiswa yang didampingi oleh dua pembimbing tersebut diterima oleh Kepala Dinas Oseanografi dan Meteorologi (Kadis Osemet) Letkol Laut (KH) Kamija mewakili Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro.

Kapushidrosal dalam sambutan yang dibacakan Kadis Osemet antara lain mengatakan bahwa Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi dan Oseanografi nasional berupaya menjadi Pusat Informasi Geospasial Kelautan terbaik di dunia.

Selaku Lembaga Hidrografi, tugas yang diemban Pushidrosal tidaklah ringan, karena Pushidrosal harus mampu memenuhi tuntutan publik dalam menyiapkan data serta informasi hidrografi dan oseanografi di seluruh perairan NKRI dengan akurat, mutakhir dan terpercaya berupa produk kenautikaan yang selalu up to date bagi kepentingan keselamatan pelayaran di Indonesia.

Lebih lanjut Kapushidrosal menyampaikan, di bidang Diplomasi batas maritim, Pushidrosal turut mengemban fungsi diplomasi, yang sebagai delegasi Indonesia sebagai tim teknis Kemenlu RI dalam setiap perundingan penetapan batas maritim dengan negara tetangga, yang mencakup batas laut teritorial, ZEE, maupun landas kontinen.

Pada akhir sambutannya, Kapushidrosal mengharapkan kepada para mahasiswa Kartografi dan Penginderaan jauh Fakultas Geografi UGM agar memanfaatkan kesempatan kunjungan yang singkat tersebut untuk menambah ilmu dan pengetahuan serta wawasan bidang hidro-oseanografi.

Pada kegiatan kunjungan ini, peserta menerima pemaparan tentang tugas Pokok Pushidrosal selaku lembaga hidrografi nasional, peran dan kiprah yang telah dilaksanakan selama ini, serta produk-produk yang telah dihasilkan berupa Peta laut Indonesia serta publikasi nautika lainnya yang disampaikan oleh salah seorang perwira Pushidrosal Kapten Laut (KH) M. Anwar

Kegiatan diakhiri dengan mengunjungi dua dinas di lingkungan Pushidrosal yaitu; Dinas Pemetaan dan Dinas Veranautikas, guna mengetahui tugas masing-masing bagian dalam mendukung tugas pokok Pushidrosal.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *