Puskesmas Kauman Tulungagung Maksimalkan Pelayanan Terbaik

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- UPT Puskesmas Kauman, Tulungagung, Jawa Timur, merupakan salah satu Puskesmas yang mempunyai fasilitas dan pelayanan yang memadai.

Fasilitas yang dimiliki Puskesmas Kauman diantaranya, UGD dan Rawat Inap serta persalinan atau Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) 24 jam.

Kapus Kauman dr. Ahmad Ardianto mengatakan, memiliki beberapa unit pelayanan untuk rawat jalan, diantaranya, unit pelayanan gigi, unit pelayanan umum, pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang meliputi imunisasi, dan pemeriksaan ibu hamil.

“Ada juga poli anak atau Metode Terpadu Balita Sakit (MTBS), disitu khusus untuk anak-anak balita yang kondisi sakit,” ungkapnya. Rabu, ( 31/5/2023) sore.

Selain itu, ada juga poli umum, Poli TB dan juga Poli HIV.dan ada juga pelayanan untuk konseling gizi. Jadi, Puskesmas Kauman sudah bisa melayani semua.

Lanjutnya, untuk Rawat Inap Puskesmas Kauman menyediakan 17 bed/tempat tidur bagi pasien yang menjalani perawatan. Sedangkan, untuk Poli gigi melayani pasien setiap hari Senin-Sabtu di jam kerja.

Diterangkan, pihaknya juga melayani pasien dengan kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan dan umum.

“Selama ini, kami tidak membeda-bedakan antara pasien BPJS dengan umum, semua mendapatkan pelayanan yang sama, baik itu dari segi komunikasi, penyambutan dan juga pelayanan secara medis standarnya sama,” terangnya.

Lebih lanjut, Insya allah tahun ini masih menghadapi survey rehabilitasi, proses penyempurnaan sistem, dokumen dan lainnya untuk menghadapi akreditasi.

Pihaknya juga memaparkan, Inovasi program terbaru Puskesmas Kauman yaitu, sistem untuk rawat jalan. Awalnya menggunakan sistem antrian SIMPUS (Sistem Informasi Manajemen Puskesmas) ternyata ada sedikit kendala.

Begitu di entry di SIMPUS, ternyata datanya belum masuk ke farmasi. Akhirnya, berinovasi dengan menggunakan aplikasi antrian panggilan.

“Begitu kita entry sudah bisa langsung tersimpan, kemudian di entry Lagi untuk antrian panggilan. Setelah kita entry panggilan, nanti masuk secara otomatis ada panggilan seperti yang digunakan di Bank dan ini sudah berjalan dengan baik dan lancar,” papar Ahmad.

Sementara itu, terkait dengan kasus penyakit selama 1 semester di Tahun 2023 ini, dr. Ahmad menjelaskan bahwa, Puskesmas Kauman didominasi pasien penyakit Dengue Fever. Namun, ada beberapa juga yang mengarah ke cikungunya.

Ia menghimbau, saat ini musim sudah berubah ke arah kemarau yang suhunya tidak menentu, yang diperlukan bisa menjaga dan meningkatkan daya tubuh. Jaga kondisi dengan cukup istirahat, banyak minum air putih, pola makan yang sehat.

“Selain itu, faktor lingkungan juga perlu diperhatikan, harus dijaga kebersihannya, tutup genangan air yang menjadi tempat sarang nyamuk,” himbau Ahmad.

“Harapan kami, bisa melayani masyarakat khususnya warga Kauman dengan sebaik-baiknya. Kita terus berusaha untuk meningkatkan mutu pelayanan menjadi lebih baik,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com

Pos terkait