PWI Gelar Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2018

  • Whatsapp
www.beritalima.com

JAKARTA, beritalima.com – Menjelang Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2019, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kembali menyelenggarakan ANUGERAH JURNALISTIK ADINEGORO. Anugerah Jurnalistik Adinegoro adalah penghargaan tertinggi untuk karya jurnalistik di Indonesia.
Penghargaan ini dinamakan ANUGERAH JURNALISTIK ADINEGORO 2018 karena khusus untuk karya-karya yang sudah dimuat/ditayangkan/disiarkan sepanjang tahun 2018. Terbuka untuk wartawan media cetak, televisi, radio, dan media siber seluruh Indonesia.

Terdapat enam (6) kategori Anugerah Adinegoro 2018, dengan kriteria sbb:

1. Indepth Reporting: karya liputan berkedalaman yang telah disiarkan di media cetak sekitar tanggal 1 Januari – 30 November 2018, tidak bersambung/tidak berseri.
2. Foto Berita: karya foto berita yang telah disiarkan di media cetak atau media siber sekitar tanggal 1 Januari – 30 November 2018.
3. Karikatur Opini: karya karikatur yang telah disiarkan di media cetak atau media siber sekitar tanggal 1 Januari – 30 November 2018.
4. News Features Televisi: karya news features yang telah ditayangkan di televise sekitar tanggal 1 Januari – 30 November 2018 dengan durasi maksimal 30 menit, tidak bersambung/tidak berseri.
5. News Features Radio: karya news features yang telah disiarkan di radio sekitar tanggal 1 Januari – 30 November 2018 dengan durasi maksimal 15 menit, tidak bersambung/tidak berseri.
6. News Features Media Siber: karya news features yang telah disiarkan di media siber antara tanggal 1 Januari – 30 November 2018, tidak bersambung/tidak berseri.

Tiap kategori di atas akan menentukan hanya satu pemenang dengan hadiah uang Rp50 juta (potong pajak 10 persen), trofi Anugerah Adinegoro 2018, serta piagam penghargaan dari PWI/Panitia HPN 2019. Pemenang Anugerah Adinegoro 2018 akan menerima penghargaan dalam acara puncak HPN 2019 di Surabaya, Jawa Timur, pada 9 Februari 2019.
Lomba karya jurnalistik ini terbuka bagi semua wartawan yang bekerja secara aktif dan diakui (bukan wartawan lepas) pada satu perusahaan media massa cetak, televisi, radio, atau media siber.
Panitia mengharapkan seluruh pemimpin redaksi media cetak, televisi, radio, dan media siber mengirimkan karya-karya terbaik wartawannya untuk turut berpartisipasi sebagai peserta Anugerah Adinegoro 2018. Seluruh karya peserta sudah bisa dikirim mulai 15 Agustus 2018 dan batas akhir pengiriman (stempel pos) tanggal 1 Desember 2018.

TEMA KARYA:
“MASYARAKAT PERS MENGAWAL PEMILU YANG DEMOKRATIS DAN BERMARTABAT”

www.beritalima.com
www.beritalima.com

SYARAT PENGIRIMAN:
1. Tiap peserta secara perorangan atau perusahaan dapat mengirimkan lebih dari satu karya dari setiap kategori maksimal 10 (sepuluh) karya.
2. Karya Indepth reporting (di media cetak) wajib disertai 5 (lima) salinan (potokopi) dari setiap karya.
3. Karya foto berita (di media cetak atau media siber), wajib dikirimkan dalam bentuk cetak ukuran 10R disertai caption yang ditempel di bagian belakang foto, disertai 5 (lima) salinan dalam bentuk flashdisk.
4. Karya karikatur opini (di media cetak atau media siber), wajib dikirimkan dalam bentuk cetak dengan caption yang ditempel di bagian belakang karikatur, disertai 5 (lima) salinan dalam bentuk flashdisk.
5. Karya radio dan televisi (news features) wajib dikirimkan dalam flashdisk sebanyak lima (5) kopi disertai label judul karya.
6. Karya siber (news features) wajib dikirim dalam bentuk naskah tercetak disertai lima (5) salinan berupa flashdisk dan link berita dimaksud.
7. Seluruh karya dari seluruh kategori wajib disertai sinopsis/cerita singkat (2-3 paragraf) mengenai isi dan proses pembuatannya. Khusus untuk karya radio sebutkan pula clock program bersama sinopsis.
8. Setiap peserta wajib menyertakan salinan identitas diri (kartu karyawan) dan surat pengantar dari redaksi.
9. Tiap karya/kategori dikirim dalam sampul tertutup. Ditujukan kepada Panitia Tetap Anugerah Adinegoro 2018 d.a. PWI Pusat, Gedung Dewan Pers Lantai IV, Jalan Kebon Sirih No.34, Jakarta Pusat 10110.
10. Pada bagian kiri atas sampul, cantumkan kode karya peserta, yaitu:
1) Indepth Reporting Media Cetak (AA 1)
2) Foto Berita Media Cetak/Media Siber (AA2)
3) Karikatur Media Cetak/Media Siber (AA3)
4) News Features Televisi (AA4)
5) News Features Radio (AA5)
6) News Features Media Siber (AA6)

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Penjurian oleh tokoh Pers dan akademisi yang menguasai bidang jurnalistik dilakukan pada pekan kedua Desember 2018 hingga pekan kedua Januari 2019. Pemberitahuan pemenang setelah para juri menetapkan pemenang.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

(rr)

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *