Rabat Jalan Beton, Permudah Pengoperasian dan Perawatan Pompa Air

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Sejak beberapa tahun terakhir Pemerintah Pusat terus menggelontorkan dana kepada Pemerintah Desa, guna percepatan dan pemerataan pembangunan, terutama Desa yang berada di wilayah pinggiran.

Berbagai upaya dan cara dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi warga masyarakat yang sedang melaksanakan kegiatan, aktifitas maupun bekerja.

Dimaksud, agar Desa terus berbenah dan direalisasikan untuk pembangunan yang menjadi prioritas. Sehingga, roda perekonomian bisa sejalan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kucuran anggaran, diberikan kepada Pemerintah Desa melalui Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD) yang totalnya mencapai miliar’an.

Anggaran tersebut, dapat digunakan untuk membangun, memperbaiki dan untuk berbagai hal yang sekiranya dibutuhkan untuk percepatan pembangunan di suatu Desa.

Seperti halnya, Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menggunakan anggaran DD untuk membangun jalan rabat beton.

Jalan rabat beton dibangun sepanjang 285 meter, untuk memudahkan akses jalan menuju pompa air Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM).

Sujarwo Kepala Desa Ngrejo mengatakan bahwa, pembangunan rabat beton bertujuan untuk mempermudah pengoperasian dan perawatan pompa air HIPPAM Sumber Mberjo.

“HIPPAM Sumber Mberjo berlokasi, di RT/RW 01/01 Dusun Kuning, yang akses jalannya sudah rusak dan tidak layak untuk dilalui,” katanya. Sabtu, (10/6/2023).

Menurutnya, rabat jalan beton menuju HIPPAM memang perlu segera dilaksanakan, mengingat jalan tersebut akses utama yang dilalui petugas pompa Air HIPPAM maupun masyarakat sekitar.

“Jalan yang tidak layak dilalui harus dibangun agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkap Sujarwo.

Diterangkan, jika musim hujan sangat licin dan harus berhati-hati jika melewati jalan tersebut. Bahkan, tidak jarang petugas dan warga tergelincir.

“Semoga dengan dibangunnya jalan rabat beton, petugas dan warga sekitar aman dan nyaman tidak khawatir terpeleset atau jatuh,” terangnya.

Ia juga berharap, dengan adanya jalan beton baru menuju pompa air HIPPAM, petugas tidak kesulitan dan air yang menuju ke rumah warga lancar tanpa ada kendala.

“Karena air merupakan kebutuhan sehari-hari bagi warga masyarakat Ngrejo dan hanya mengandalkan dari HIPPAM untuk mendapatkan air bersih dan memadai, untuk itu, jalan yang bagus sangat membantu petugas,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com

Pos terkait