Raih Penghargaan Adipura Kencana 2022, Satgas Kebersihan hingga Warga Surabaya Ungkapkan Rasa Bangga!

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Satuan Gugus Tugas (Satgas) Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM), Kader Surabaya Hebat (KSH), serta masyarakat Kota Surabaya mengaku bangga dengan keberhasilan Kota Pahlawan dalam meraih penghargaan Adipura Kencana 2022 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Sebab, KLHK RI menilai bahwa Kota Surabaya berhasil dalam pengelolaan sampah, dan ruang terbuka hijau (RTH) dalam mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh, dan berkelanjutan. Sehingga Surabaya berhasil meraih penghargaan Adipura Kencana tahun 2022.

Oleh sebab itu, Pemkot Surabaya menggelar kirab penghargaan Adipura Kencana 2022 mulai dari depan Gedung Graha Pena, Jalan Ahmad Yani hingga ke Halaman Balai Kota Surabaya, Rabu (1/3/2023). Tidak hanya penghargaan Adipura Kencana 2022 saja, tetapi juga ada juga penghargaan Adiwiyata Mandiri, Adiwiyata Nasional, Nirwasita Tantra, dan ada pula penghargaan Proklim yang didapatkan oleh masyarakat dan sekolah dari KLHK RI.

Satgas DLH yang bertugas di Kebun Bibit Wonorejo Kota Surabaya, Agus Eko menyampaikan rasa terima kasih kepada KLHK RI yang telah melihat upaya dan percepatan dalam menjaga lingkungan di Kota Surabaya. Bahkan, ia mengaku bahwa masyarakat Kota Pahlawan telah ikut membantu menjaga lingkungan di kawasan Kebun Bibit Kota Surabaya, dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Kami sangat bangga karena kerja kita bisa dihargai (pemerintah) pusat. Semoga masyarakat Surabaya bisa konsisten membantu kami menjaga lingkungan dan kami berharap di tahun-tahun selanjutnya Kota Surabaya bisa meraih penghargaan Adipura Kencana lagi,” kata Agus.

Senada dengan itu, Satgas DLH yang bertugas di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Ali Jafar juga mengungkapkan hal serupa. Bersama dengan seluruh Satgas DLH dan DSDABM, beserta seluruh elemen masyarakat, akhirnya Kota Surabaya bisa kembali memboyong penghargaan Adipura Kencana 2022.

“Luar biasa, itu hasil kerja keras teman-teman semuanya. Tidak hanya kami, tetapi juga kawan-kawan DSDABM, KSH, RT, RW, LPMK, dan semua elemen masyarakat. Karena kami berkomitmen menjaga lingkungan di Kota Surabaya,” kata Ali Jafar.

Ditemui di lokasi yang sama, KSH Kecamatan Tandes Kota Surabaya, Rosida menyampaikan, dengan diraihnya penghargaan Adipura Kencana 2022 diharapkan seluruh warga Kota Pahlawan bisa terus bergotong-royong dalam mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh, dan berkelanjutan.

“Kami bangga menjadi warga Surabaya dengan prestasi yang berhasil diraih Pemkot Surabaya dibawah kepemimpinan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Semoga Kota Surabaya bisa menjadi lebih hebat, hijau, bersih, dan berseri. Jadi warganya juga harus lebih semangat dalam menjaga lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu seusai kirab, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan bahwa penghargaan Adipura Kencana 2022 tidak terlepas dari kepedulian dan kesadaran seluruh elemen masyarakat Kota Pahlawan dalam menjaga lingkungan. Karenanya, trofi Adipura Kencana 2022 ini akan diletakan di kantor kecamatan secara bergiliran setiap minggu. Sebab, menurutnya, trofi Adipura Kencana 2022 adalah milik seluruh warga Kota Surabaya.

“Matur nuwun (terima kasih) seluruh anggota DLH dan tim DSDABM yang menjaga Kota Surabaya tetap bersih dan luar biasa. Serta tidak pernah mengenal kata pantang menyerah. Matur nuwun juga untuk RT/RW, LPMK, dan seluruh KSH yang terus guyub rukun menjaga lingkungan perkampungannya,” pungkasnya. (*)

beritalima.com

Pos terkait